Efektivitas Penerapan Metode Setengah Reaksi Termodifikasi dalam Penyelesaian Persamaan Reaksi Redoks Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Persepsi Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 4 Magelang

Setiati, Damai (2017) Efektivitas Penerapan Metode Setengah Reaksi Termodifikasi dalam Penyelesaian Persamaan Reaksi Redoks Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Persepsi Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 4 Magelang. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 skripsi%20Damai%20Setiati.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan metode setengah reaksi termodifikasi dalam penyetaraan reaksi redoks peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Magelang ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan persepsi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara peserta didik dengan menggunakan metode setengah reaksi dan dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan metode setengah reaksi termodifikasi. Penelitian ini didesain sebagai penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Magelang sebanyak empat kelas yang berjumlah 128 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Magelang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 32 peserta didik. Kelas eksperimen diberi perlakuan penggunaan metode setengah reaksi termodifikasi. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest, LKPD dan angket. Data mengenai kemampuan pemecahan masalah dianalisis menggunakan paired t-test dan uji gain score ternormalisasi. Data persepsi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (a) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan p-value pada uji gain score ternormalisasi sebesar 0,000 < α (0,05) (b) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode setengah reaksi termodifikasi dengan p value pada paired ttest sebesar 0,000 < α (0,05) dan (c) terdapat peningkatan penilaian diri terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menggunakan metode setengah reaksi termodifikasi yang ditunjukkan dari hasil angket hampir semua indikator mencapai persentase lebih dari 50%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 18 Jul 2017 03:16
Last Modified: 30 Jan 2019 14:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50793

Actions (login required)

View Item View Item