PERAN GURU PENJAS DALAM UPAYA PREVENTIF BENCANA ALAM GUNUNG BERAPI PADA SISWA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI DAERAH SLEMAN

Hero Making, Fernando Redondo (2017) PERAN GURU PENJAS DALAM UPAYA PREVENTIF BENCANA ALAM GUNUNG BERAPI PADA SISWA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI DAERAH SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fernando Redondo.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya peran guru pendidikan jasmani dalam membekali pengetahuan dan keterampilan tentang upaya preventif bencana alam gunung berapi kepada siswa terkait dengan peranan guru sebagai demonstrator, pengelola kelas, fasilitator, motivator dan evaluator. Guru penjas juga kurang mampu dalam mengintegrasikan pendidikan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) ke dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei, teknik pengambilan datanya dengan menggunakan angket. Subjek dalam ujicoba penelitian 10 guru di Kabupaten Klaten. Subjek penelitian ini berjumlah 26 orang dari 20 sekolah. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dengan presentase. Uji validitas instrumen menggunakan Pearson Product Moment dengan hasil butir soal yang valid berjumlah 37 butir dari 40 pernyataan. Uji reliabilitas sebesar 0,756 sehingga instrumen tersebut reliabel. Hasil penelitian peran guru penjas dalam upaya preventif bencana alam gunung berapi pada siswa jenjang Sekolah Menengah Pertama di daerah Sleman memiliki kategori yang berbeda-beda namun frekuensi yang dominan adalah sedang dengan 13 responden (50 %), sedangkan 3 responden (11,84 %) berkategori sangat tinggi dan tinggi, 6 responden (23,07 %) berkategori rendah, dan 1 responden (3,85 %) berkategori sangat rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peran, guru penjas, bencana alam gunung berapi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Jul 2017 01:32
Last Modified: 30 Jan 2019 14:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50789

Actions (login required)

View Item View Item