PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Martantika, Listya (2017) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan banyaknya guru PJOK yang belum mengimplementasikan metode pembelajaran Kurikulum 2013 dengan pendekatan Saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengghasilkan model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan Pendekatan Saintifik bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi guru. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan 10 langkah model pengembangan Borg & Gall. Namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap kelima, yaitu Revisi Desain. Validasi dilakukan oleh ahli kurikulum dan ahli materi. RPP yang dikembangkan dan diujicobakan kepada 10 guru SMP di Kabupaten Bantul. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif terhadap hasil skor validasi. Penelitian ini menghasilkan model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan Pendekatan Saintifik bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dengan presentasi penilaian dari 2 ahli kurikulum sebesar 79% (baik), ahli materi sebesar 80% (baik), dan uji coba guru sebesar 78,6% (baik), hasil penelitian model RPP PJOK dengan Pendekatan Saintifik bagi siswa SMP di produk akhir didapat hasil 79,2% yaitu (baik).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: RPP, Pengembangan, Saintifik, PJOK, SMP
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Jul 2017 01:37
Last Modified: 30 Jan 2019 14:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50788

Actions (login required)

View Item View Item