PENGARUH SENAM AEROBIK TERHADAP VO2 MAX INDEKS MASSA TUBUH DAN PERSENTASE LEMAK PADA IBU RUMAH TANGGA DUSUN KARANGGONDANG DESA KRADENAN KECAMATAN SRUMBUNG KAB. MAGELANG

Ninawati, Khoriyatun (2017) PENGARUH SENAM AEROBIK TERHADAP VO2 MAX INDEKS MASSA TUBUH DAN PERSENTASE LEMAK PADA IBU RUMAH TANGGA DUSUN KARANGGONDANG DESA KRADENAN KECAMATAN SRUMBUNG KAB. MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam aerobik terhadap VO2 Max, Indeks Massa Tubuh, dan Persentase Lemak pada Ibu Rumah Tangga Dusun Karanggondang Desa Kradenan Kec. Srumbung Kab. Magelang. Di samping itu, penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan tentang keefektifan dari senam aerobik terhadap kebugaran jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian eksperiment kuasi dengan model one group pretest posttest design, yaitu pemberian treatment pada satu kelompok eksperimen. Treatment yang diberikan peneliti sebanyak 16 kali pertemuan dengan frekuensi 3 kali dalam seminggu, selama 6 minggu. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota kelompok senam ibu rumah tangga Dusun Karanggondang yang berjumlah 42 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini yang masuk kriteria sebanyak 22 orang, yang berdasarkan uji F dinyatakan homogen untuk pretest-posttest VO2 Max p > 0,69, pretest-posttest IMT p > 0,864, pretest-posttest Persentase Lemak p > 0,792. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes lari 12 menit untuk daya tahan jantung paru (VO2 Max), rumus IMT berat badan (Kg) dibagi tinggi badan (M)2 untuk Indeks Massa Tubuh, dan tes ukur lemak dengan alat skinfold caliper untuk mengetahui persentase lemak. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen yang diberikan treatment senam aerobik terhadap VO2 Max, Indeks Massa Tubuh, dan Persentase Lemak Ibu Rumah Tangga Dusun Karanggondang Desa Kradenan Kec. Srumbung Kab. Magelang. Hasil tersebut dapat dilihat dari hasil nilai t hitung untuk VO2 Max 7.825 > t tabel 2.080, dan nilai p 0,000 < 0,05, kemudian hasil uji t pada IMT 4.481 > t tabel 2.080, dan nilai p 0,000 < 0,05, dan hasil uji t pada persentase lemak 7.772 > t tabel 2.080, dan nilai p 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: senam aerobik, VO2 Max, indeks massa tubuh, persentase lemak
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Jul 2017 01:30
Last Modified: 19 Jul 2017 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50781

Actions (login required)

View Item View Item