PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA KIMIA BERBASIS ELEKTRONIK MATERI HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN BAGI PESERTA DIDIK SMA/MA

Safira, Diya Nur (2017) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA KIMIA BERBASIS ELEKTRONIK MATERI HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN BAGI PESERTA DIDIK SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi_Diya%20Nur%20Safira_13303241067.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakter ensiklopedia kimia berbasis elektronik materi hidrokarbon dan minyak bumi sebagai media pengayaan bagi peserta didik SMA/MA yang telah dikembangkan serta mengetahui kualitas ensiklopedia kimia berbasis elektronik materi hidrokarbon dan minyak bumi sebagai media pengayaan bagi peserta didik SMA/MA yang dikembangkan berdasarkan 5 guru kimia SMA/MA dan 10 peserta didik SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Dalam penelitian ini tahap evaluasi tidak dilakukan, sehingga terdapat empat tahap pengembangan, yaitu tahap analisis, desain, pengembangan dan implementasi. Produk awal ensiklopedia elektronik ditinjau oleh ahli media, ahli materi dan peer reviewer untuk memperoleh ktitik dan saran sebagai pertimbangan untuk melakukan revisi tahap I. Produk hasil revisi tahap I kemudian ditinjau kembali oleh 5 guru kimia SMA/MA dan 10 peserta didik SMA/MA. Penelitian pengembangan ini menghasilkan ensiklopedia berbasis elektronik materi hidrokarbon dan minyak bumi sebagai media pengayaan bagi peserta didik SMA/MA. Karakter ensiklopedia elektronik memiliki format pdf terdiri atas beberapa komponen yaitu: cover, kata pengantar, daftar isi, halaman isi, glosarium, dan daftar pustaka. Berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA/MA, ensiklopedia elektronik mempunyai kualitas sangat baik dengan persentase keidealan 86,4%. Dan berdasarkan penilaian oleh 10 peserta didik SMA/MA, ensiklopedia elektronik mempunyai kualitas sangat baik dengan persentase keidealan 84,6%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:47
Last Modified: 30 Jan 2019 14:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50777

Actions (login required)

View Item View Item