Pengaruh Model dan Media Pembelajaran PPKn terhadap Kompetensi Kewarganegaraan Siswa SMA.

Wartono, Wartono (2017) Pengaruh Model dan Media Pembelajaran PPKn terhadap Kompetensi Kewarganegaraan Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wartono-15730251020.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adakah perbedaan pengaruh model Project Citizen dengan model Controversial Public Issues (CPI) pada kelompok kelas eksperimen dengan media Portofolio terhadap kompetensi kewarganegaran peserta didik SMA, (2) adakah perbedaan pengaruh model Project Citizen dengan model Controversial Public Issues (CPI) pada kelompok kelas eksperimen dengan media video terhadap kompetensi kewarganegaran peserta didik SMA.dan (3) adakah interaksi antara model dan media pembelajaran PPKn terhadap kompetensi kewarganegaraan peserta didik SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen desain factorial 2x2. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Banyumas dan sampelnya adalah siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 3, XI IPA 4 dan XI IPA 5, yang ditentukan dengan teknik simple random sampling dengan cara undian. Sebelum penelitian, terlebih dahulu dilakukan pretest pada kelas yang dijadikan sampel untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes, angket dan observasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan kompetensi pengetahuan kewarganegaraan. Angket digunakan untuk mengumpulkan data model, media pembelajaran PKn, kompetensi keterampilan kewarganegaraan, dan kompetensi watak/karakter kewarganegaraan. Validitas instrument diukur dengan rumus analisis faktor, dan reliabilitasnya dengan rumus Cronbach’s Alpha. Normalitas data diuji dengan rumus Kolmogorof-Smirnov dan homogenitas data diuji dengan Leneve Test. Uji hipotesis dengan teknik Two-way Anova satu pihak dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh antara media pembelajaran PPKn terhadap kompetensi kewarganegaraan peserta didik dan kompetensi kewarganegaraan peserta didik dengan model Project Citizen lebih tinggi dibandingkan kompetensi kewarganegaraan peserta didik dengan model CPI pada kelompok media Portofolio (86,217 > 84,967); (2) terdapat perbedaan pengaruh antara media pembelajaran PPKn terhadap kompetensi kewarganegaraan peserta didik dan kompetensi kewarganegaraan peserta didik dengan model Project Citizen lebih tinggi dibandingkan kompetensi kewarganegaraan peserta didik dengan model CPI pada kelompok media video (86,200 > 85,383); dan (4) tidak terdapat pengaruh antara model dan media pembelajaran PPKn terhadap kompetensi kewarganegaraan peserta didik SMA dengan p sebesar 0,514 > (α = 0.05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model, media, kompetensi kewarganegaraan, PPKn.
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jul 2017 02:44
Last Modified: 09 May 2019 08:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50766

Actions (login required)

View Item View Item