Pengembangan Asesmen Kinerja Literasi Sains Berbasis STEM pada Pembelajaran Fisika untuk Peserta Didik SMA.

Bashooir, Khoirul (2017) Pengembangan Asesmen Kinerja Literasi Sains Berbasis STEM pada Pembelajaran Fisika untuk Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-khoirul-bashooir-14726251030.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungapkan: (1) kelayakan asesmen kinerja literasi sains berbasis STEM, (2) hasil pengukuran keterampilan literasi peserta didik di SMAIT Ihsanul Fikri, dan (3) efektivitas asesmen kinerja literasi sains berbasis STEM. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4 D oleh Thiagarajan, Semmel, D.S.. & Semmel, M.I. yang meliputi: (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) disseminate. Model 4 D dalam pengembangan asesmen kinerja literasi sains berbasis STEM dipadukan dengan model pengembangan tes tulis oleh Oriondo & Antonio dan pengembangan asesmen kinerja oleh Johnson et al. Tahap define dilakukan perumusan bahan ajar dengan beberapa bentuk, meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), rubrik penskoran LKPD, rubrik penskoran laporan, rubrik pengamatan aspek psikomotorik, lembar penilaian diri dan asesemen kinerja bentuk tes tulis. Tahap design dilakukan penulisan dan penyusunan bahan ajar. Tahap develop, bahan ajar divalidasi baik isi maupun secara empirik. Validasi isi dilakukan dengan melibatkan tujuh ahli dalam bidang pendidikan fisika. Validasi empiris dilakukan melalui kegiatan uji coba di Kabupaten Magelang untuk mendapatkan spesifikasi butir. Uji coba efektifitas menggunakan tipe Pretest-Posttest Control Group Design yang dilakukan untuk mengetahui efektivitas asesmen kinerja literasi sains berbasis STEM. Tahap disseminate dilakukan dengan mensosialisasikan asesmen kinerja literasi sains berbasis STEM dalam forum MGMP Fisika di Kabupaten Magelang, serta menyeminarkan dan mempublikasikan asesmen kinerja literasi sains berbasis STEM dalam jurnal penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan validitas isi, validitas empirik dan reliabilitas maka asesmen kinerja literasi sains berbasis STEM layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada peserta didik SMA. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa peserta didik kelas X SMAIT Ihsanul Fikri memiliki tingkat keterampilan literasi sains sedang. Asesmen kinerja literasi sains berbasis STEM efektif meningkatkan literasi sains peserta didik. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai effect size kelas eksperimen yang lebih besar daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Asesmen Kinerja, Literasi Sains, STEM, Pembelajaran Fisika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 14 Jul 2017 03:42
Last Modified: 14 Jul 2017 03:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50750

Actions (login required)

View Item View Item