Saraswati, Anteng (2017) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation Terhadap Motivasi Belajar, Kemampuan Kerjasama dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X SMA,. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-anteng-saraswati-15725251021.swf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CL tipe GI terhadap motivasi belajar, kemampuan kerjasama, dan KPS peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi exsperiment yang menggunakan desain penelitian non-equvalen pretest posttest control group desain. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pengasih tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket motivasi belajar, angket kemampuan kerjasama, penilaian antar teman, lembar observasi KPS, dan soal pretest-posttest KPS. Reliabilitas instrumen angket motivasi belajar, angket kemampuan kerjasama, dan tes KPS secara berturut-turut adalah 0,77, 0,90, dan 0,51. Teknik analisis data yang digunakan adalah MANOVA. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) secara terpisah model CL tipe GI tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar, namun berpengaruh terhadap kemampuan kerjasama dan KPS peserta didik kelas X SMA, (2) model CL tipe GI secara simultan berpengaruh terhadap motivasi belajar, kemampuan kerjasama, dan KPS sains peserta didik kelas X SMA.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model cooperative learning (CL) tipe group investigation (GI), motivasi belajar, kemampuan kerjasama, keterampilan proses sains (KPS) |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 01:31 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50749 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |