PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA KIMIA BERBASIS ELEKTRONIK MATERI KOROSI DAN PENCEGAHANNYA SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN BAGI PESERTA DIDIK SMA/MA

Andarwati, Mei Rina (2017) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA KIMIA BERBASIS ELEKTRONIK MATERI KOROSI DAN PENCEGAHANNYA SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN BAGI PESERTA DIDIK SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
Naskah Mei Rina Andarwati_13303241046.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan Ensiklopedia Elektronik Materi Korosi dan Pencegahannya sebagai Media Pengayaan bagi Peserta Didik SMA/MA, serta menentukan kualitas ensiklopedia elektronik yang telah dikembangkan. Kualitas ensiklopedia ditentukan berdasarkan penilaian lima orang guru kimia SMA/MA sebagai reviewer dan uji terbatas pada sepuluh orang peserta didik. Penelitian ini mengadaptasi model penelitian dan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Terdapat 5 tahap pengembangan, yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Ensiklopedia ditinjau dan mendapat masukan dari dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Penilaian ensiklopedia oleh reviewer dilakukan menggunakan instrumen penilaian berupa angket yang meliputi 7 aspek dengan 25 indikator sedangkan uji terbatas terhadap peserta didik menggunakan angket yang terdiri atas 5 aspek dengan 20 indikator. Ensiklopedia elektronik terdiri dari enam bagian, yaitu Kata Pengantar, Daftar Isi, Isi, Daftar Pustaka, Glosarium, dan Tentang Penulis. Bagian isi memuat pendahuluan dan bentuk-bentuk korosi yang terdiri dari 8 bentuk korosi beserta pencegahannya. Kualitas ensiklopedia elektronik berdasarkan penilaian lima reviewer dan uji terbatas terhadap peserta didik adalah sangat baik (SB).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 13 Jul 2017 07:37
Last Modified: 13 Jul 2017 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50746

Actions (login required)

View Item View Item