Program Literasi Informasi Pemustaka Digital Natives di Perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY

Fitriana, Tjiptasari (2016) Program Literasi Informasi Pemustaka Digital Natives di Perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. In: Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Generasi Cendekia dan Literat, 13 September 2016, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PROSIDING SEMINAR NASIONAL JPBSI FBS UNY 2016_ BUDAYA LITERASI UNTUK MENUMBUHKAN GENERASI CENDEKIA DAN LITERAT.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil survei dari PIRLS (Progress in International Reading Literacy Study) tahun 2011, Indonesia menduduki peringkat 41 dari 45 negara. Indonesia hanya setingkat lebih baik dari Qatar, Kuwait, Maroko, dan Afrika Selatan dalam hal minat baca. Namun demikian, sejak tahun 2003, 2010, sampai terakhir tahun 2014,menurut catatan UNDP, Indonesia berhasil meningkatkan tingkat melek huruf masyarakatnya sampai angka 92.8% untuk kelompok dewasa serta 98.8% pada kelompok remaja. Tetapi nampaknya ke-melekan huruf ini masih sebatas bisa membaca, menulis dan berhitung saja. Belum sampai pada tahap menyenangi bahan bacaan, menjadikannya sebagai kebutuhan, dan tentu saja bisa secara bijak memilih dan mengevaluasi apakah bahan bacaannya berguna atau tidak. Awal tahun 2016, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan program baru sebagai upaya pembudayaan ekosistem sekolah dalam mengembangkan, meningkatkan pemahaman, pembelajaran, pengelolaan semua warga sekolah (guru, peserta didik, dan wali siswa) dan masyarakat terhadap informasi dan media agar menjadi pembelajar sepanjang hayat, yakni Gerakan Literasi Sekolah. Gerakan Literasi Sekolah (GLS), sebuah terobosan baru untuk meningkatkan budaya membaca, meningkatkan minat baca di kalangan para siswa. Sehingga ketika budaya baca dan minat baca meningkat maka kemampuan seseorang untuk menyaring informasi yang berguna untuk dirinya juga meningkat. Karena diharapkan dengan GLS ini para siswa memiliki kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif. Lalu bagaimana dengan para mahasiswa yang belum merasakan penerapan Gerakan Literasi Sekolah ini?

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Fitriana Tjiptasari, SIP.
Date Deposited: 17 Jul 2017 03:21
Last Modified: 17 Jul 2017 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50745

Actions (login required)

View Item View Item