PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CURIOUS NOTE PROGRAM (CNP) GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI

Amalia Dinan, Nur and Wiyatmo, Yusman (2017) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CURIOUS NOTE PROGRAM (CNP) GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk pengembangan LKPD berbasis model pembelajaran CNP yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi dan (2) mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA kelas XI dengan menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran CNP pada materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap define dilakukan untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan instrumen penelitian, rancangan awal RPP dan LKPD berbasis model pembelajaran CNP, beserta perangkat pembelajarannya. Tahap develop dilakukan untuk menghasilkan RPP dan LKPD berbasis model pembelajaran CNP serta soal pretest dan postest keterampilan berpikir kritis yang sudah direvisi berdasarkan komentar dan saran dari validator ahli dan praktisi, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Produk RPP dan LKPD diujicoba dengan mengambil 1 kelas (26 peserta didik) untuk uji coba terbatas dan 2 kelas (55 peserta didik) untuk uji coba lapangan. Tahap disseminate dilakukan untuk penyebaran RPP dan LKPD berbasis model pembelajaran CNP dalam skala yang lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD berbasis model pembelajaran CNP yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi dengan skor SBi dari hasil validasi yaitu A (sangat baik), tingkat persetujuan assesor sebesar 93,90% (reliabel), dan hasil respon peserta didik memperoleh skor SBi yaitu A (sangat baik). (2) Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA kelas XI dengan menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran CNP pada materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi sebesar 6,57 % dengan standar gain sebesar 0,006 yang termasuk dalam kategori rendah. Kata-kata kunci: Pengembangan LKPD, Curious Note Program, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Keseimbangan dan Dinamika Rotasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 17 Jul 2017 03:24
Last Modified: 17 Jul 2017 03:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50744

Actions (login required)

View Item View Item