ANALISIS PROFIL LITERASI SAINS PADA SOAL UJIAN NASIONAL DAN OLIMPIADE KIMIA SMA TINGKAT PROVINSI TAHUN 2014-2016

Septiyani, Fatma (2017) ANALISIS PROFIL LITERASI SAINS PADA SOAL UJIAN NASIONAL DAN OLIMPIADE KIMIA SMA TINGKAT PROVINSI TAHUN 2014-2016. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi Fatma S.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui profil komponen literasi sains kimia pada soal Ujian Nasional dan Olimpiade Kimia SMA Tingkat Provinsi Tahun 2014-2016. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data studi dokumenter. Subjek penelitian ini adalah soal Ujian Nasional (UN) dan Olimpiade Kimia SMA Tingkat Provinsi (OP) Tahun 2014-2016. Soal ujian nasional yang dianalisis terdiri dari 1200 butir soal sedangkan soal olimpiade yang dianalisis terdiri dari 109 butir soal. Objek dalam penelitian ini adalah komponen profil literasi sains kimia yang terdiri dari 17 indikator yang mengacu pada jurnal dari Shawartz, Ben-zvi, dan Hofstein (2006) serta PISA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan soal Ujian Nasional dan Olimpiade Kimia SMA Tingkat Provinsi Tahun 2014-2016 mengandung literasi sains kimia yang tersebar pada beberapa indikator. Indikator mampu mengidentifikasi masalah untuk diselidiki (b) untuk UN dan OP, yaitu: 26,67% dan 58,72%; menggunakan hasil eksperimen untuk menjelaskan fenomena kimia (d): 11,25% dan 1,83%; menjelaskan pengetahuan faktual (e): 15% dan 10,09%; menjelaskan pengetahuan konseptual (f): 98,33% dan 100%; menjelaskan pengetahuan prosedural (g): 6,42% dan 2,75%; memberikan penjelasan makroskopik dari fenomena kimia (i): 13,33% dan 10,09%; memberikan penjelasan submikroskopik dari fenomena kimia (j): 0,83% dan 5,50%; memberikan penjelasan simbolik dari fenomena kimia (k): 36,17% dan 31,19%; mengetahui peran penting pengetahuan kimia untuk menjelaskan fenomena sehari-hari (l): 21,25% dan 8,26%; menganalisis soal (C4) (o): 26,67% dan 58,72%; mengevaluasi soal (C5) (p): 0% dan 11,01%; dan menunjukkan ketertarikan peserta didik terhadap isu kimia terkini (q): 1,67% dan 0,92%. Presentase indikator lain dalam soal adalah 0%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 13 Jul 2017 07:00
Last Modified: 30 Jan 2019 14:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50742

Actions (login required)

View Item View Item