Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling Belajar Berbasis Social and Emotional Learning (SEL) di SMA Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta.

Kurniawan, Luky (2017) Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling Belajar Berbasis Social and Emotional Learning (SEL) di SMA Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-luky-kurniawan-14713251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menghasilkan program bimbingan dan konseling belajar berbasis social and emotional learning (SEL) di Sekolah Menengah Atas, dan (2) mengetahui tingkat kelayakan program bimbingan dan konseling belajar berbasis social and emotional learning (SEL). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan ini mengacu pada prosedur Borg and Gall. Dua kelompok subyek validasi program dalam penelitian dan pengembangan ini adalah dua validator ahli yang berkompeten dalam program bimbingan dan konseling belajar, serta kelompok guru bimbingan dan konseling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner validasi ahli, kuesioner validasi praktisi, dan pedoman focus group discussion (FGD). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kategorisasi. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan program bimbingan dan konseling belajar berbasis social and emotional learning (SEL) di SMA Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. Sistematika program bimbingan dan konseling belajar berbasis social and emotional learning (SEL) terdiri dari : (1) rasional, (2) dasar hukum, (3) visi dan misi, (4) deskripsi kebutuhan, (5) tujuan, (6) komponen program, (7) bidang layanan, (8) rencana operasional, (9) pengembangan tema dan topik, (10) sarana dan prasarana, (11) evaluasi dan pelaporan, dan (12) anggaran biaya. Bukti kelayakan program bimbingan dan konseling belajar berbasis social and emotional learning (SEL) di SMA Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta didasarkan pada hasil uji validasi ahli diperoleh skor 91,50 (kategori baik) dan hasil uji praktisi diperoleh skor 83,05 (kategori baik).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: program bimbingan dan konseling belajar, social and emotional learning (SEL)
Subjects: Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jul 2017 04:51
Last Modified: 01 Nov 2022 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50741

Actions (login required)

View Item View Item