Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik Kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Seyegan Tahun Ajaran 2016/2017

Pertiwi, Retnani Arum (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik Kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Seyegan Tahun Ajaran 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi_Retnani.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada Higher Order Thinking Skills antara kelas yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan kelas yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Desain penelitian ini adalah quasi experimental dengan tipe the matchingonly posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Seyegan Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik, soal post test, lembar observasi Higher Order Thinking Skills dan angket respon peserta didik. Higher Order Thinking Skills diperoleh dari tes prestasi belajar peserta didik. Hasil ini juga didukung dengan hasil observasi dan angket respon peserta didik Data Higher Order Thinking Skills peserta didik kemudian dianalisis dengan analisis kovarian (anakova) menggunakan aplikasi SPSS versi 21 dan hasil observasi dan angket respon dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Analisis kovarian (anakova) memberikan nilai signifikansi sebesar 0,010. Hal ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada Higher Order Thinking Skills antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Hasil ini juga didukung dengan hasil analisis deskriptif juga menunjukkan bahwa Higher Order Thinking Skills peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 13 Jul 2017 03:45
Last Modified: 30 Jan 2019 14:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50738

Actions (login required)

View Item View Item