ANALISIS MODEL ANTREAN KENDALL LEE DENGAN DISIPLIN PELAYANAN PRIORITAS NON-PREEMPTIVE DI PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) KANTOR CABANG PEMBANTU UNIT K.H. AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Ayuningtyas, Septarin Dwi and Binatari, Nikenasih (2017) ANALISIS MODEL ANTREAN KENDALL LEE DENGAN DISIPLIN PELAYANAN PRIORITAS NON-PREEMPTIVE DI PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) KANTOR CABANG PEMBANTU UNIT K.H. AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN AWAL EDIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada pelayanan nasabah untuk antrean teller di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Cabang Pembantu Unit K.H. Ahmad Dahlan Yogyakarta ditemukan adanya penundaan pelayanan dikarenakan ada kedatangan nasabah limpahan dari customer service atau mantri yang memiliki prioritas lebih tinggi untuk dilayani terlebih dahulu. Dalam melayani nasabah, teller tidak memutus pelayanan yang sedang dilakukan walaupun ada kedatangan nasabah limpahan dengan prioritas yang lebih tinggi, sehingga disiplin pelayanan yang diterapkan yaitu prioritas non-preemptive. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa model antrean Kendall Lee, menentukan ukuran keefektifan dan menentukan kondisi optimal sistem antrean pada perusahaan tersebut. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara dan observasi. Data kedatangan dan pelayanan nasabah yang diperoleh dikelompokkan per 15 menit. Selanjutnya, dilakukan uji distribusi Poisson untuk menentukan model antrean Kendall Lee yang digunakan dalam menentukan ukuran keefektifan. Langkah selanjutnya yaitu dilakukan optimasi sistem antrean pada perusahaan tersebut. Pada perusahaan tersebut diperoleh model antrean Kendall Lee yang sesuai yaitu . Berdasarkan hasil analisis sistem antrean teller di perusahaan tersebut diperoleh rata-rata nilai harapan waktu tunggu nasabah selama menit dengan rata-rata nilai harapan waktu nasabah limpahan dan nasabah antrean langsung teller berada dalam sistem antrean hingga selesai dilayani berturut-turut selama 2,1584 menit dan 2,7246 menit. Sistem antrean dapat mencapai kondisi yang optimal saat pelayanan dalam sistem tersebut dilayani oleh dua teller. Kata Kunci: Kendall Lee, prioritas non-preemptive, Antrean

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 17 Jul 2017 03:19
Last Modified: 30 Jan 2019 14:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50724

Actions (login required)

View Item View Item