PENGARUH PENERAPAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS INQUIRY SCIENCE LABORATORY TERHADAP KEMAMPUAN INVESTIGASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER I SMA N 1 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2016/2017

Santosa, Arsita Dewi (2017) PENGARUH PENERAPAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS INQUIRY SCIENCE LABORATORY TERHADAP KEMAMPUAN INVESTIGASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER I SMA N 1 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi Arsita.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan pada kemampuan investigasi dan prestasi belajar peserta didik, serta mengetahui bagimana kemampuan investigasi yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan buku petunjuk praktikum berbasis inquiry science laboratory dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan buku petunjuk praktikum berbasis cookbook. Desain penelitian ini adalah true experimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA semester I SMA N 1 Ngaglik tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 77 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 52 peserta didik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t beda subjek dan uji anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pada kemampuan investigasi dan tidak ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan buku petunjuk praktikum berbasis inquiry science laboratory dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan buku petunjuk praktikum berbasis cookbook, serta kemampuan investigasi peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan buku petunjuk praktikum berbasis inquiry science laboratory lebih tinggi daripada pembelajaran dengan menggunakan buku petunjuk praktikum berbasis cookbook.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 12 Jul 2017 06:29
Last Modified: 30 Jan 2019 14:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50710

Actions (login required)

View Item View Item