PERBEDAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Novinta, Afifah Yumna (2017) PERBEDAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 skripsi_Afifah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya perbedaan dalam Higher Order Thinking Skills antara peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning dengan peserta didik yang menggunakan model Learning Cycle 5E, jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik, 2) ada tidaknya perbedaan dalam menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta antara peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning dengan peserta didik yang menggunakan model Learning Cycle 5E, dan 3) kategori Higher Order Thinking Skills peserta didik di SMA Negeri 1 Prambanan Sleman setelah penerapan model Problem Based Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri di Indonesia yang menggunakan Kurikulum 2013. Sampel yang digunakan berjumlah 48 peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Prambanan Sleman. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling.Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji anakova satu jalur (oneway anacova). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) ada perbedaan dalam Higher Order Thinking Skills antara peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning dengan peserta didik yang menggunakan model Learning Cycle 5E, jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik, 2) ada perbedaan dalam menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta antara peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning dengan peserta didik yang menggunakan model Learning Cycle 5E, dan 3) kategori Higher Order Thinking Skills peserta didik di SMA Negeri 1 Prambanan Sleman setelah penerapan model Problem Based Learning termasuk kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 12 Jul 2017 04:43
Last Modified: 30 Jan 2019 14:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50708

Actions (login required)

View Item View Item