LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS 2016 LOKASI PPL TK ABA PENDEKAN, TIRTORAHAYU, GALUR, KULON PROGO

Siti Isfa’iyah, Siti Isfa’iyah (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS 2016 LOKASI PPL TK ABA PENDEKAN, TIRTORAHAYU, GALUR, KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SITI ISFAIYAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil dan ditempuh oleh mahasiswa program pendidikan dari setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mencari pengalaman secara langsung dan menerapkan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan. Penyelanggaraan kegiatan PPL ini dilaksanakan di sekolah atau lembaga yang sudah ditentukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, khususnya mahasiswa dalam segi kualitas.Kegiatan PPL dilaksanakan di TK ABA Pendekan, yang berlokasi di Pendekan, Tirtorahayu, Galur, Kulonprogo yang diselenggarakan selama 2 bulan yang dimulai pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2015. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan pengalaman mengajar secara langsung kepada mahasiswa dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya untuk dapat diterapkan dalam dunia kerja kelak, selain itu bertujuan untuk menggali sebanyak-banyaknya ilmu yang ada di lingkungan sekolah secaara langsung sehingga dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Sebelum PPL dilaksanakan, diawali dengan observasi terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana pembelajaran maupun potensi yang ada di sekolah tersebut. Seperti tenaga pendidik, sarana dan prasarana, lingkungan. Selanjutnya tahap pelaksannan PPL 1, mahasiswa telah dibekali pengalaman melelui PPL 1(mikro teaching) di kampus dengan didampingi Dosen Pembimbing Lapangan agar pada pelaksanaan pengajaran mahasiswa dapat mengajar dan menerapkan ilmu yang dimilikinya. Kemudian tahap pelaksanaan progam PPL 2 yang meliputi progam pengajaran di sekolah, kegiatan pengajaran dilakukan di dua kelas yaitu kelas A dan kelas B. Kegiatan PPL 2 yang dilaksanakan di TK ABA Pendekan dapat berjalan secara lancar dan baik berkat bantuan semua pihak antara lain Dosen Pembimbing Lapangan, Guru, peserta didik dan seluruh warga sekolah. Setelah pelaksanaan progam PPL mahasiswa diwajibkan untuk menyusun laporan hasil kegiatan PPL yang telah diaksanakan selama dua bulan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL TK ABA Pendekan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2017 04:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50704

Actions (login required)

View Item View Item