LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS 2016 LOKASI PPL TK ABA PENDEKAN, TIRTORAHAYU, GALUR, KULON PROGO

Nurfani Khoiriyati, Nurfani Khoiriyati (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS 2016 LOKASI PPL TK ABA PENDEKAN, TIRTORAHAYU, GALUR, KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NURFANI KHOIRIYATI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan sarana pengembangan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Sebagai mahasiswa angkatan 2013. Kami bertujuan untuk melaksanakan PPL untuk melaksanakan dharma bakti mahasiswa dan mempraktikkan ilmu ke lembaga sekolah. Program PPL periode ini dilaksanakan di TK ABA Pendekan, Tirtorahayu, Galur, Kulon Progo pada tanggal 15 Juli 2016 – 15 September 2016. Mahasiswa yang terjun dalam pelaksanaan PPL ini sebanyak 11 mahasiswa yang berasal dari Prodi PG PAUD. Program yang dilaksanakan pada PPL adalah program kerja pengajaran dan non pengajaran. Untuk program pengajaran meliputi mengajar sebagai guru utama yang dilaksanakan sebanyak 6 kali dengan total 3 kali mengajar di kelompok A dan 3 kali mengajar di kelompok B. Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan berdasarkan rancangan kegiatan yang telah dibuat meliputi observasi pembelajaran, persiapan pembelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing, konsultasi DPL PPL, praktik mengajar serta penilaian. Program PPL diharapkan dapat memperluas wawasan dan pengembangan kompetensi dalam bidangnya, dalam hal ini khususnya Pendidikan Anak Usia Dini. Sedangkan untuk program kerja non pengajaran meliputi, pendampingan rapat wali murid, lomba melukis, karyawisata, lomba permainan tradisional, perapian administrasi sekolah, pendampingan ekstrakulikuler, pengadaan sarana cuci tangan, penataan ruang kelas, dan jumat bersih. Program Praktik Pengalaman Lapangan juga merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang telah didapat selama menimba ilmu dibangku kuliah. Secara umum semua program dapat terlaksana dengan cukup baik dan lancar. Namun terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya, seperti perbedaan pemikiran antara kepala sekolah dengan mahasiswa, sehingga mahasiswa kurang dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah dengan baik. Perlunya peningkatan kualitas program PPL ini baik dari segi perencanaan, persiapan, pelaksanaan maupun evaluasi serta tindak lanjut perlu terus dilakukan guna dapat mewujudkan pelaksanaan program PPL yang lebih baik di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, TK ABA Pendekan, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2017 03:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50701

Actions (login required)

View Item View Item