LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS 2016 LOKASI PPL TK ABA PENDEKAN, TIRTORAHAYU, GALUR, KULON PROGO

Muslikah Nur Hidayah, Muslikah Nur Hidayah (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS 2016 LOKASI PPL TK ABA PENDEKAN, TIRTORAHAYU, GALUR, KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MUSLIKAH NUR HIDAYAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil dan ditempuh oleh mahasiswa program pendidikan dari setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mencari pengalaman secara langsung. Penyelanggaraan kegiatan PPL ini dilaksanakan di sekolah atau lembaga yang sudah ditentukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, khususnya mahasiswa dalam segi kualitas. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan kurang lebih selama 2 bulan mulai dari tanggal 15 Juli 2016 - 15 September 2016. Sebelum kegiatan PPL ini dilaksanakan mahasiswa diwajibkan melakukan praktek pembelajaran mikro terlebih dahulu agar dapat mengasah kemampuan dalam mengajar. Sekolah tempat mahasiswa melakukan Praktek Pengalaman Lapangan adalah sekolah yang telah bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta khususnya dengan LPPMP UNY yaitu TK ABA PENDEKAN yang terletak di daerah Pendekan, Tirtorahayu, Galur, Kulonprogo. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan pengalaman mengajar secara langsung kepada mahasiswa dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya untuk dapat diterapkan dalam dunia kerja, selain itu kegiatan PPL juga bertujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap mahasiswa. Sebelum kegiatan PPL dilaksanakan mahasiswa mendapatkan jadwal untuk mengajar dan mendapatkan Rencana Pelaksanaan Program Harian (RPPH) yang akan digunakan untuk mengajar. Mahasiswa mendapat praktek mengajar terbimbing dan mandiri. Dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa dipantau secara langsung oleh guru kelas kemudian dilakukan evaluasi yang diberikan oleh guru pun meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, mengajar, maupun penilaian terhadap peserta didik. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah. Program Praktik Pengalaman Lapangan juga merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang telah didapat selama menimba ilmu dibangku kuliah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL,TK ABA Pendekan. Pembelajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2017 03:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50700

Actions (login required)

View Item View Item