Zara Suvi Diah Ayu Priyanti, Zara Suvi Diah Ayu Priyanti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
bab 1, 2 dan 3 zara.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
catatan harian zara.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
dokumentasi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
kata pengantar.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
pengesahan zara.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
Rencana Kegiatan Harian PAUD.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
zara abstrak.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
zara matrik.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bentuk pengabdian perguruan tinggi kepada instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah formal melalui peran mahasiswa yang terjun langsung untuk mengabdi kepada masyarakat, dengan memberdayakan warga belajar maupun pihak lain seperti wali murid dan mengikuti kegiatan belajar mengajar di lapangan yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dan warga belajar. Dengan adanya PPL, diharapkan akan memberi manfaat bagi masyarakat atau warga belajar dan dapat mengembangkan kreatifitas serta meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam belajar di tengah-tengah masyarakat dan warga belajar. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kulon Progo. Penyusunan program rencana kerja dimulai dari tahapan observasi wilayah instansi UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kulon Progo. Observasi dilakukan dengan metode wawancara, dan melihat langsung kondisi lapangan terkait dengan aktivitas kegiatan di SKB Kulon Progo. Berdasarkan hasil observasi tersebut dapat ditentukan program kerja yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan pembelajaran program keaksaraan yang baru akan dilaksanakan pada tahun ini. Dalam pelaksanaan PPL di SKB Kulon Progo, mahasiswa dituntut untuk dapat merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, serta mengembangkan program. Sementara program mengajar tidak menjadi prioritas utama. Dari hasil observasi tersebut, maka disusunlah suatu program utama yaitu Finger Painting dan Pelatihan Pembuatan Gantungan Kunci. Adapun program penunjang yaitu Pengolaan Kreasi Hasil Batik Jumputan, Pencarian Data Untuk Mengisi Dokumen, Ekstrakulikuler Tari PAUD, dan Ekstrakulikuler Sains PAUD. Sasaran dari program yang telah direncanakan adalah Peserta didik PAUD/TPA, Peserta didik Lifeskill. Dengan diadakannya praktik pengalaman mengajar maka mahasiswa dapat melatih keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi program.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 01:14 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:43 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50680 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |