Widi Prasetyo Nugroho, Widi Prasetyo Nugroho (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
WIDI ABSTRAK.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
WIDI BAB I.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
WIDI BAB II.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
WIDI BAB III.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
WIDI CATATAN HARIAN.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
WIDI COVER.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
WIDI DAFTAR ISI.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
WIDI KATA PENGANTAR.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
WIDI TABULASI DIGITAL LIBRARY.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
WIDI LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]()
|
Image
IMG_Page_11.jpg Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
IMG_Page_11.pdf Download (301kB) | Preview |
|
![]()
|
Image
IMG_Page_12.jpg Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
IMG_Page_12.pdf Download (515kB) | Preview |
Abstract
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bentuk pengabdian perguruan tinggi kepada instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah formal melalui peran mahasiswa yang terjun langsung untuk mengabdi kepada masyarakat, dengan memberdayakan warga belajar maupun pihak lain seperti wali murid dan mengikuti kegiatan belajar mengajar di lapangan yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dan warga belajar. Dengan adanya PPL, diharapkan akan memberi manfaat bagi masyarakat atau warga belajar dan dapat mengembangkan kreatifitas serta meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam belajar di tengah-tengah masyarakat dan warga belajar. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kulon Progo. Penyusunan program rencana kerja dimulai dari tahapan observasi wilayah instansi UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kulon Progo. Observasi dilakukan dengan metode wawancara, dan melihat langsung kondisi lapangan terkait dengan aktivitas kegiatan di SKB Kulon Progo. Berdasarkan hasil observasi tersebut dapat ditentukan program kerja yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan pada tahun ini. Dalam pelaksanaan PPL di SKB Kulon Progo, mahasiswa dituntut untuk dapat merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, serta mengembangkan program. Sementara program mengajar tidak menjadi prioritas utama. Dari hasil observasi tersebut, maka disusunlah program utama yaitu Pembuatan Digital Library SKB Kulonprogo dan Display Busy Book Sebagai Media Pembelajaran Edukatif. Adapun program penunjang yaitu Evaluasi Program PAUD, Sosialisasi Sampah Sejak Dini, Pelatihan Pembuatan Busy Book, Evaluasi Pelatihan Menjahit. Sasaran dari program Pembuatan Digital Library SKB Kulonprogo adalah para peserta didik program kejar paket atau program kesetaraan. Dengan diadakannya praktik pengalaman lapangan maka mahasiswa dapat melatih keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi program.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : media pembelajran, evaluasi, pemanfaatan, PPL. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 01:11 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50679 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |