Tifa Musdalifah, Tifa Musdalifah (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1.cover dkk.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
2.BAB I.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
3.BAB II FIX YOU TIFA.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III FIX YOU TIFA.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
CATATAN HARIAN PPL TIMUS PIJOH HAMPIR FIX.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN FOTO.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR HADIR PESERTA DIDIK PAUD PENGI NUSA UPTD SKB KULONPROGO.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
Desain boneka jari TIFA.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
handout boneka jari.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
HASIL EVALUASI PROGRAM OPTIMALISASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BONEKA JARI DI PAUD PELANGI NUSA.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR EVALUAS1.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
RKH.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR HADIR KELAS PENGEMBANGAN DIRI SKB KULON PROGO.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
Desain kapolsek TIFA.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR EVALUASI kapolsek.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
NOTULEN Kelas Pengembangan Diri.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
surat pembicara TIFA.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
SUSUNAN ACARA KELAS PENGEMBANGAN DIRI SKB KULON PROGO.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Image
IMG_Page_05.jpg Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
IMG_Page_05.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Image
IMG_Page_06.jpg Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
IMG_Page_06.pdf Download (519kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bentuk pengabdian perguruan tinggi kepada instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah formal melalui peran mahasiswa yang terjun langsung untuk mengabdi kepada masyarakat, dengan memberdayakan warga belajar maupun pihak lain seperti wali murid dan mengikuti kegiatan belajar mengajar di lapangan yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dan warga belajar. Dengan adanya PPL, diharapkan akan memberi manfaat bagi masyarakat atau warga belajar dan dapat mengembangkan kreatifitas serta meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam belajar di tengah-tengah masyarakat dan warga belajar. Kegiatan PPL ini penuils laksanakan di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kulon Progo. Penyusunan program rencana kerja dimulai dari tahapan observasi wilayah instansi UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kulon Progo. Observasi dilakukan dengan metode wawancara, melihat data demografi dan melihat langsung kondisi lapangan aktivitas kegiatan di SKB Kulon Progo khususnya di bagian kesetaraan dan TPA/KB Pelangi Nusa di UPTD SKB Kab. Kulon Progo. Berdasarkan hasil observasi tersebut dapat ditentukan program kerja yang sekiranya sesuai dengan kondisi SKB, baik di SKB itu sendiri maupun di satuan PLS seperti kesetaraan kejar paket A, dan C, life skill, Taman Baca Masyarakat maupun di PAUD Pelangi Nusa adapun program kelompok utama meliputi peningkatan ruang belajar PAUD, Jumat sehat dan bersih, Outbond Educatif, Lomba mewarnai, dan analisis kebutuhan lembaga, program tambahan pembukuan buku Induk . Dalam program PPL ini, mahasiswa dituntut untuk dapat merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi program. Sementara program mengajar tidak menjadi prioritas utama. Dari hasil observasi tersebut, maka disusunlah suatu program utama yaitu Optimalisasi pembelajaran menggunakan metode mendongeng dengan media boneka jari di PAUD Pelangi Nusa dan kelas pengembangan diri kesetaraan. Adapun program penunjang yaitu evaluasi program kesetraaan paket C, pengembangan model PAUD, film educasi dan peremajan mading. Sasaran dari program ini meliputi pendidik dan peserta didik PAUD, pendidk kesetaraan, pendidik dan pengeola PAUD, dan warrga belajar SKB.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : PPL,Optimalisasi pembelajaran melalui Boneka Jari |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 01:06 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:41 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50678 |
Actions (login required)
View Item |