IDENTIFIKASI TENTANG HAMBATAN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2017

W. Yusuf, Jasica (2017) IDENTIFIKASI TENTANG HAMBATAN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi jasica w yusuf.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pembelajaran Penjasorkes di SD se Kecamatan Mertoyudan belum berjalan secara maksimal yang dilihat dari aspek kurikulum yang terlalu banyak materi, sedang alokasi waktunya hanya sedikit, sarana dan prasarana yang kurang memadai, buku buku sumber yang sangat terbatas serta tenaga pengajar yang kurang professional. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran Penjasorkes di SD se Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Penjasorkes di SD se-Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang tahun 2017 yang berjumlah 20 guru dari 20 sekolah dasar. Uji coba dilakukan di Sekolah Dasar se-Kota Magelang yang berjumlah 10 Sekolah Dasar dan berjumlah 10 guru, dengan validitas sebesar 0,789 dan reliabilitas sebesar 0,992. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan, bahwa hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran Penjasorkes di SD se Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang tahun 2017 berdasarkan faktor guru dengan persentase sebesar 50,21% masuk kategori “cukup menghambat”, faktor siswa 74,55% masuk kategori “menghambat”, faktor sarana dan prasarana 82,13% masuk dalam kategori “sangat menghambat”, faktor kurikulum 70% masuk kategori “menghambat”, dan faktor lingkungan 68,44% masuk dalam kategori “menghambat”. Secara keseluruhan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran Penjasorkes di SD se Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang tahun 2017 berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 0%, “rendah” sebesar 35%, “sedang” sebesar 20%, “tinggi” sebesar 45%, dan “sangat tinggi” sebesar 0%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hambatan, pelaksanaan pembelajaran penjasorkes, SD se-Kecamatan Mertoyudan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Jul 2017 06:44
Last Modified: 30 Jan 2019 14:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50673

Actions (login required)

View Item View Item