KEEFEKTIFAN KOMBINASI TERAPI MASASE DENGAN KINESIO TAPING DALAM PEMULIHAN CEDERA PERGELANGAN KAKI DERAJAT 1 PADA PEMAIN SEPAK BOLA MERAPI PUTRA SLEMAN

Lafirudin, Cahya (2017) KEEFEKTIFAN KOMBINASI TERAPI MASASE DENGAN KINESIO TAPING DALAM PEMULIHAN CEDERA PERGELANGAN KAKI DERAJAT 1 PADA PEMAIN SEPAK BOLA MERAPI PUTRA SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_CAHYALAFIRUDIN_12603141037.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Cedera pergelangan kaki merupakan salah satu cedera yang sering dialami oleh pemain sepak bola, dalam upaya pemulihan dapat diberikan dengan terapi masase dan pemberian kinesio taping. Terapi masase yang dilakukan mempunyai tujuan untuk memulihkan tubuh yang mengalami kelelahan maupun untuk menyembuhkan keluhan atau cedera yang dialami pada anggota tubuh, seperti rasa nyeri, bengkak, merah, panas dan penurunan fungsi organ tubuh akibat aktivitas fisik. Efek yang ditimbulkan dari cedera yaitu berupa tanda-tanda peradangan dapat juga diminimalisir dengan penggunaan kinesio taping. Tujuan penelitian ini menganalisa keefektifan hasil kombinasi terapi masase dengan kinesio taping dalam pemulihan cedera pergelangan kaki derajat 1 pada pemain sepak bola Merapi Putra Sleman. Metode penelitian menggunakan penelitian Pre-Experimental Design dengan desain satu kelompok dengan tes awal dan tes akhir (One-Group Pretest Postest Design). Sampel yang diambil dari populasi pemain sepak bola Merapi Putra di Kridomulyo Jetis Argomulyo Cangkringan Sleman Yogyakarta pada bulan Mei - Juni, tahun 2016 berjumlah 26 pemain. Teknik sampel menggunakan sampling insidental dan diperoleh sampel sebanyak 15 pemain. Hasil penelitian kombinasi terapi masase dengan kinesio taping terhadap pemulihan cedera ROM plantarfeksi pergelangan kaki derajat 1 diperoleh peningkatan rata-rata sebesar 0,45426 derajat dengan sig. 0,001 ( p < 0,05) dan kombinasi terapi masase dengan kinesio taping terhadap pemulihan cedera ROM dorsofleksi pergelangan kaki derajat 1 diperoleh peningkatan rata-rata sebesar 0.27021 derajat dengan sig. 0,007 ( p < 0,05). Simpulan penelitian, kombinasi terapi masase dengan kinesio taping efektif terhadap pemulihan cedera ROM plantarfeksi dan ROM dorsofleksi pergelangan kaki derajat 1 pada pemain sepak bola Merapi Putra Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terapi Masase, Kinesio Taping, Cedera Pergelangan Kaki
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Jul 2017 06:44
Last Modified: 30 Jan 2019 14:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50672

Actions (login required)

View Item View Item