PENGEMBANGAN MODUL PENGAYAAN BERBASIS AUTHENTIC LEARNING PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 JATISRONO

Ratna Triutami, Racmawati and Ruwanto, Bambang (2017) PENGEMBANGAN MODUL PENGAYAAN BERBASIS AUTHENTIC LEARNING PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 JATISRONO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KESELURUHAN.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan modul pengayaan berbasis authentic learning yang layak untuk pembelajaran materi pokok fluida dinamis kelas XI; 2) menunjukkan besar peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan modul pengayaan berbasis authentic learning; dan 3) menunjukkan besar peningkatan pemahaman konsep peserta didik dengan modul pengayaan berbasis authentic learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pada tahap define dilakukan analisis ujung depan, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, analisis tujuan pembelajaran. Pada tahap design dilakukan pemilihan materi dan desain awal, hingga draf awal modul. Pada tahap develop dilakukan validasi oleh dosen fisika dan guru fisika SMA, kemudian dilanjutkan uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Pada tahap disseminate dilakukan penyebaran modul pengayaan berbasis authentic learning pada guru-guru fisika SMA Negeri 1 Jatisrono. Data validasi dosen dan guru fisika diperoleh melalui angket. Data peningkatan motivasi belajar peserta didik diperoleh melalui angket, sedangkan data peningkatan pemahaman peserta didik diperoleh melalui soal pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data secara kualitatif digunakan untuk menganalisis saran dari validator maupun peserta didik. Teknik analisis data secara kuantitatif digunakan untuk menganalisis penilaian validator, peningkatan motivasi belajar, dan peningkatan pemahaman konsep peserta didik. Hasil penelitian pengembangan produk yang diperoleh yaitu: 1) kelayakan produk yang dikembangkan berdasarkan peningkatan motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik termasuk dalam kategori sedang; 2) peningkatan motivasi belajar peserta didik berada dalam kategori sedang dengan nilai standar gain <g> untuk kelas XI IPA 1 sebesar 0,41 dan untuk kelas XI IPA 2 sebesar 0,36; dan 3) peningkatan pemahaman konsep peserta didik berada dalam kategori sedang dengan nilai standar gain <g> untuk kelas XI IPA 1 sebesar 0,36 dan untuk kelas XI IPA 2 sebesar 0,42. Kata kunci: modul pengayaan berbasis authentic learning, motivasi belajar, dan pemahaman konsep

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 12 Jul 2017 06:46
Last Modified: 30 Jan 2019 14:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50667

Actions (login required)

View Item View Item