LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KULON PROGO

Latif Qabul Muflihun, Latif Qabul Muflihun (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL LATIF.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG_Page_07.jpg

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_Page_07.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG_Page_08.jpg

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_Page_08.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta tidak terkecuali mahasiswa program studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Program kegiatan PPL dibuat untuk dapat mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan dengan harapan dapat memberikan pengalaman belajar langsung dilapangan, terutama dalam hal pengalaman seputar mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan sosial, meningkatkan kemandirian, keterampilan, tanggung jawab dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Kegiatan yang dilaksanakan pada saat PPL diharapkan dapat mendatangkan manfaat bagi kedua belah pihak baik pihak mahasiswa ataupun pihak lembaga. Kegiatan PPL tahun 2016 ini kami laksanakan di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar ( SKB ) Kulon Progo. Program rencana kerja disusun melalui tahap observasi wilayah UPTD SKB Kulon Progo. Observasi dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, dan melihat langsung kondisi lapangan serta aktivitas kegiatanan TPA Pelangi Nusa, program kesetaraan, program life skill UPTD SKB Kulon Progo. Dalam program PPL yang disepakati akan dilaksanakan, mahasiswa dituntut untuk dapat merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi program. Sementara program mengajar tidak menjadi prioritas utama. Berdasarkan hasil observasi tersebut dapat ditentukan program kerja yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan PAUD Pelangi Nusa. Program utama yang dilakukan penulis berdasarkan masukan pihak pengajar dan hasil observasi adalah program Peningkatan suasana ruang belajar PAUD Pelangi Nusa, Jum’at bersih, Outbond Edukatif, Lomba Mewarnai, dan Analisis Kebutuhan Lembaga PNF. Adapun Program individu yang dilakukan oleh kami diantaranya adalah Kelas Kesenian, Pengembangan Model Pembelajaran PAUD , Evaluasi pembelajaran Kesetaraan, Evaluasi Program PAUD, Digital Library, Pelatihan batik jumputan, Finger Painting, Kreasi batik jumputan, Pemanfaatan kain perca, Pembuatan Kurikulum program kesetaraan, Kelas pengembangan diri, dan Boneka jari. Dengan adanya PPL mahasiswa dapat mengetahui permasalahan nyata dilapangan termasuk permasalahan dalam penyusunan, pelaksanaan, serta evaluasi program yang dilaksanakan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : evaluasi, pengembangan, kurikulum, PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Jul 2017 06:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50664

Actions (login required)

View Item View Item