PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DALAM SEKOLAH JESUIT DI SMA KOLESE DE BRITTO YOGYAKARTA

Widayanti, Elisabeth Sri (2017) PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DALAM SEKOLAH JESUIT DI SMA KOLESE DE BRITTO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Elisabeth Sri Widayanti_13110244018_skripsi.2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Komponen-komponen pendidikan kepemimpinan dalam sekolah Jesuit di SMA Kolese De Britto Yogyakarta; (2) Proses Pendidikan Kepemimpinan dalam Sekolah Jesuit di SMA Kolese De Britto Yogyakarta; (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan kepemimpinan di SMA Kolese De Britto Yogyakarta; (4) Hasil penerapan pendidikan kepemimpinan dalam Sekolah Jesuit di SMA Kolese De Britto Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kolese De Britto Yogyakarta pada bulan Januari 2017 sampai Maret 2017. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Siswa, dan Alumni. Informan penelitian yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah (bidang kesiswaan, kurikulum, humas), siswa berprestasi, siswa yang aktif organisasi, alumni, guru pendidikan nilai. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model “Miles and Hubberman” yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Komponen pendidikan kepemimpinan di SMA Kolese De Britto terdiri dari tujuan pendidikan De Britto dalam visi misi menjadi kader pemimpin pengabdi, peran pendidik (Kepala Sekolah, pamong sekolah, guru, karyawan) menjadi teladan, memberikan materi, dan menjadi fasilitator pendidikan untuk siswa disertai lingkungan sebagai sarana prasarana; (2) Proses pendidikan kepemimpinan yaitu menginputkan value kepemimpinan Ignasian melalui pengalaman, pembiasaan refleksi, dan aksi dalam setiap pendidikan akademik dan non akademik yang menekankan nilai 3C+1L dalam tiap jenjang kelas seperti live in,pendidikan nilai spiritualitas Ignasian, latihan kepemimpinan, ekstrakurikuler, presidium, pembinaan rohani, dan sebagainya; (3) Faktor pendukung pendidikan kepemimpinan di De Britto yaitu dukungan dari setiap elemen sekolah yang memahami visi sekolah dan ikut menghidupi dan melaksanakan setiap program kegiatan sekolah, dan faktor penghambat secara teknis seperti keluhan orangtua, kesulitan mencari tempat kegiatan, dan kurangnya keselarasan program sekolah dan dinas; (4) Hasil pendidikan kepemimpinan di SMA Kolese De Britto yaitu perkembangan pola pikir untuk berbuat baik, keberanian mengemukakan pendapat, kebebasan yang bertanggungjawab, kepedulian dengan sesama, selalu refleksi diri, dan berjiwa pemimpin yang melayani. Kata kunci: Pendidikan Kepemimpinan, Pendidikan Ignasian, Leader of Service

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 12 Jul 2017 06:42
Last Modified: 30 Jan 2019 14:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50656

Actions (login required)

View Item View Item