Pengaruh Model Problem Based Learning dan Project Citizen dalam Pembelajaran Pkn terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Disiplin Siswa.

Basariah, Basariah (2017) Pengaruh Model Problem Based Learning dan Project Citizen dalam Pembelajaran Pkn terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Disiplin Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-basariah-15730251030.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) pengaruh model problem based learning dan project citizen dalam pembelajaran PKn terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (2) pengaruh model problem based learning dan project citizen dalam pembelajaran PKn terhadap karaker disiplin siswa, dan (3) pengaruh model problem based learning dan project citizen dalam pembelajaran PKn terhadap kemampuan berpikir kritis dan karakter disiplin siswa di SMK Diponegoro Depok Sleman. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan pretest-posttest non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X pada SMK Diponegoro Depok Sleman. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes, angket, dan lembar observasi. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, dan observasi. Validitas isi instrumen menggunakan pendapat para ahli dan reliabilitas instrumen dianalisis menggunakan Alpha Cronbach dengan program SPSS. Data dianalisis menggunakan Uji Manova yang dilanjutkan dengan uji Post hoc bonferroni menggunakan program SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh signifikan model problem based learning dan project citizen dalam pembelajaran PKn terhadap kemampuan berpikir kritis dengan F sebesar 5,635 dan sig. ≤ 0,05. Hasil uji lanjut post hoc bonferroni menunjukkan model project citizen lebih berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa daripada model problem based learning dengan mean difference sebesar 10,61 dan sig. ≤ 0,15; (2) ada pengaruh signifikan model problem based learning dan project citizen dalam pembelajaran PKn terhadap karakter disiplin siswa daripada model project citizen dengan nilai F sebesar 7,789 dan sig. ≤ 0,001. Hasil uji lanjut post hoc bonferroni menunjukkan model problem based learning lebih berpengaruh signifikan terhadap karakter disiplin siswa dengan mean difference sebesar 4,22 dan sig. ≤ 0,05; (3) ada pengaruh signifikan model problem based learning dan project citizen dalam pembelajaran PKn terhadap kemampuan berpikir kritis dan karakter disiplin siswa di SMK Diponegoro Depok dengan nilai F sebesar 6,412 dan sig.≤ 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model problem based learning, model project citizen, berpikir kritis, karakter disiplin.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Jul 2017 02:35
Last Modified: 09 May 2019 08:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50650

Actions (login required)

View Item View Item