Pengembangan Laboratorium Virtual Kimia Berbasis Hypertext Markup Language 5 untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar.

Putra, Firdiawan Eka (2017) Pengembangan Laboratorium Virtual Kimia Berbasis Hypertext Markup Language 5 untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-firdiawan-15728251031.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis karakteristik Laboratorium Virtual Kimia (LVK) berbasis Hypertext Markup Language 5 (HTML5) pada materi Laju Reaksi untuk peserta didik kelas XI SMA (2) menguji kualitas LVK berbasis HTML5 yang dikembangkan (3) menguji peningkatan sikap ilmiah dan prestasi belajar peserta didik kelas XI SMA 1 Godean dengan penerapan LVK berbasis HTML5 dibanding peserta didik tanpa penerapan LVK berbasis HTML5 pada materi Laju Reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Pengembangan LVK berbasis HTML5 meliputi 10 tahapan pengembangan Borg & Gall. Produk yang di kembangkan dinilai oleh ahli media, ahli materi, guru kimia, peer reviewer, dan diujicobakan dengan skala terbatas dan kecil. Uji coba lapangan pemanfaatan LVK berbasis HTML5 adalah melalui hybrid learning. Sampel uji coba lapangan terdiri dari kelas dengan penerapan LVK berbasis HTML5 sebagai kelas eksperimen dan kelas yang tanpa penerapan LVK berbasis HTML5 sebagai kelas kontrol. Instrumen uji coba meliputi lembar observasi, angket, dan soal prestasi belajar yang telah divalidasi oleh ahli media dan materi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan manova untuk menguji pengaruh penerapan LVK berbasis HTML5 terhadap sikap ilmiah dan prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan (1) karakteristik LVK berbasis HTML5 adalah LVK berbasis HTML5 merupakan multimedia pembelajaran, dapat memvisualisasikan materi laju reaksi yang bersifat abstrak, dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri peserta didik. (2) Kualitas LVK berbasis HTML5 pada materi Laju Reaksi untuk peserta didik kelas XI SMA berdasarkan penilaian guru kimia dan peer reviewer termasuk katerogi sangat baik. Penilaian pada tahap uji coba skala terbatas dan kecil juga menyimpulkan bahwa LVK berbasis HTML5 memiliki kualitas sangat baik. (3) Terdapat perbedaan peningkatan sikap ilmiah dan prestasi belajar peserta didik kelas XI SMA 1 Godean dengan penerapan LVK berbasis HTML5 dibanding peserta didik tanpa penerapan LVK berbasis HTML5 pada materi Laju Reaksi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: laboratorium virtual kimia berbasis hypertext markup language 5, sikap ilmiah, prestasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Jul 2017 02:09
Last Modified: 09 May 2019 08:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50648

Actions (login required)

View Item View Item