LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI TK ABA DEKSO

Devi Rahmasari, Devi Rahmasari (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI TK ABA DEKSO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. LAPORAN PPL INDIVIDU DEVI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bekal calon pendidik tidak hanya berbagai teori yang didapatkan dibangku kuliah namaun juga pengalaman dilapangan. oleh karen itu universitas mewajibkan setiap mahasiswa untuk mengikuti kegiatan praktek pengalaman lapangan dengan nama lain PPL. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang menempuh program studi kependidikan. Tujuan Kegiatan tersebut agar mahasiswa sebagai calon guru dapat mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran di mulai dari menyusun rencana pembelajaran, membuat media pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi pembelajaran, dan melaksanakan proses pembelajaran itu sendiri, serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan selama 2 bulan. Sebelum kegiatan PPL ini dilaksanakan mahasiswa diwajibkan melakukan praktek pembelajaran microteaching terlebih dahulu agar dapat mengasah kemampuan saat mengajar. Sekolah tempat mahasiswa melakukan Praktek Pengalaman Lapangan adalah sekolah yang telah bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta yaitu di TK ABA Dekso, Banjararum, Kalibawang, Kulonprogo. TK ABA Dekso Banjararum, Kalibawang, Kulonprogo memiliki tenaga pendidik yang professional dan sarana prasarana yang cukup mendukung segala kegiatan dalam rangka mengembangkan kegiatan pembelajaran. Mahasiswa mendapatkan bimbingan dari sekolah dengan baik serta diberikan kesempatan untuk mengembangkan ilmu serta kemampuannya dan mendapatkan banyak pengalaman selama kegiatan PPL. Kegiatan PPL dilaksanakan mahasiswa mendapatkan Rencana Perencanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) kemudian mengembangkan kegiatan dan media yang akan digunakan saat pembelajaran serta kelengkapan lainnya dan menyusunnya ke dalam Rencana Perencanaan Pembelajran Harian (RPPH). Pengajaran yang dilakukan dibagi menjadi dua yaitu lima kali pengjaran terbimbing dan dua kali pengajaran mandiri. Dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa dipantau secara langsung oleh guru kelas dan mendapatkan bimbingan bila diperlukan. Evaluasi yang diberikan oleh tiap guru pun meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan,

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, Pengajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Jul 2017 01:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50639

Actions (login required)

View Item View Item