PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA LABORATORIUM DAN SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 NGAGLIK

Alifah, Nikmatul and Mundilarto, Mundilarto (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA LABORATORIUM DAN SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 NGAGLIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kerja laboratorium dan sikap kerjasama peserta didik menggunakan model Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan desain class action research atau penelitian tindakan kelas (PTK) model Tagart dan Kemmis. Penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus dengan proyek yang berbeda-beda disetiap siklusnya. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Ngaglik dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI IPA 3. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi kerja laboratorium dan sikap kerjasama, lembar penilaian presentasi, lembar penilaian laporan praktikum dan lembar penilaian proyek. General Linear Model (GLM) digunakan untuk menganalisis peningkatan keterampilan kerja laboratorium dan sikap kerjasama. Hasil penelitian ditinjau dari keterampilan kerja laboratorium menunjukkan bahwa pada siklus kedua peningkatan keterampilan kerja laboratorium peserta didik termasuk dalam kategori peningkatan rendah (tidak signifikan) dan pada siklus ketiga terjadi penurunan. Ditinjau dari sikap kerjasama, peningkatan sikap kerjasama peserta didik pada siklus kedua dan ketiga termasuk dalam kategori peningkatan rendah (tidak signifikan). Kata-kata kunci: project based learning, keterampilan kerja laboratorium, sikap kerjasama, class action research.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 12 Jul 2017 06:43
Last Modified: 30 Jan 2019 14:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50631

Actions (login required)

View Item View Item