PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK

Annisa, - (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_UNY_ANNISA_13303241030-.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan dalam hal 1) kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model STM dan pembelajaran 5M bila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik 2) kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran di kelas STM dan 3) sikap peduli lingkungan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran di kelas STM pada materi pembelajaran Senyawa Turunan Alkana di SMAN 1 Yogyakarta. Penelitian kuasi eksperimen dengan post test design only ini terdiri dari variabel bebas berupa model pembelajaran, variabel terikat berupa kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan serta kovariabel berupa pengetahuan awal peserta didik. Populasi penelitian ini adalah 234 peserta didik kelas XII SMAN 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran STM dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran 5M. Teknik pengumpulan data melalui teknik angket, teknik tes dan teknik dokumentasi. Instrumen pengumpulan data adalah angket sikap peduli lingkungan, soal kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji multivariat kovarians (mankova) dengan taraf signifikansi 0,05 dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal 1) kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model STM dan 5M bila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik 2) kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran di kelas STM dan 3) sikap peduli lingkungan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran di kelas STM pada materi pembelajaran Senyawa Turunan Alkana di SMAN 1 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 10 Jul 2017 08:19
Last Modified: 10 Jul 2017 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50629

Actions (login required)

View Item View Item