Ratiwi, Ririh and Wiyatmo, Yusman (2017) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP_RIRIH RATIWI_13302241069_PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS SIKLUS BELAJAR (LEARN.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa media Modul Fisika Berbasis Siklus Belajar (Learning Cycle) yang layak untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa SMA; (2) mengetahui besar peningkatan motivasi belajar fisika siswa SMA setelah menggunakan media Modul Fisika Berbasis Siklus Belajar (Learning Cycle) dan (3) mengetahui besar peningkatan hasil belajar fisika siswa SMA setelah menggunakan media Modul Fisika Berbasis Siklus Belajar (Learning Cycle). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE menurut Branch. Tahap analyze merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design merupakan tahap untuk mengembangan rancangan awal (draft) media Modul Fisika Berbasis Siklus Belajar (Learning Cycle) dan instrumen penelitian. Tahap develop dihasilkan media Modul Fisika Berbasis Siklus Belajar (Learning Cycle) yang layak serta dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa dalam ranah kognitif. Kelayakan media Modul Fisika Berbasis Siklus Belajar (Learning Cycle) dilihat dari skor valididasi menggunakan analisis Sbi. Tahap implementation merupakan tahap uji lapangan operasional untuk memperoleh data motivasi dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Peningkatan motivasi belajar siswa dilihat dari nilai Standard Gain pada angket motivasi belajar siswa, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai Standard Gain lembar pretest dan posttest. Tahap evaluate merupakan tahap terakhir pada model penggembangan ADDIE, yaitu untuk memperbaiki media Modul Fisika Berbasis Siklus Belajar (Learning Cycle) berupa masukan dari tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media Modul Fisika Berbasis Siklus Belajar (Learning Cycle) yang telah dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa SMA dengan kategori sangat baik; 2) peningkatan motivasi belajar fisika sebesar 0,31 dengan kategori sedang dan 3) peningkatan hasil belajar fisika sebesar 0,92 dengan kategori tinggi. Kata kunci: modul, siklus belajar (learning cycle), motivasi belajar, hasil belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika |
Depositing User: | Admin Fisika FMIPA |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 06:41 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |