PERBANDINGAN PENERAPAN PENDEKATAN SISTEMIK DAN PENDEKATAN PENGORGANISASIAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 MLATI TAHUN AJARAN 2016/2017

Hutami, Wanda Estri (2017) PERBANDINGAN PENERAPAN PENDEKATAN SISTEMIK DAN PENDEKATAN PENGORGANISASIAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 MLATI TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Tugas%20Akhir%20Skripsi_Wanda%20Estri%20Hutami_13303241016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik dan pendekatan pengorganisasian konsep dan untuk menganalisis ada tidaknya perbedaan pada kemampuan berpikir analitis dan prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan sistemik dan pendekatan pengorganisasian konsep pada materi Asam-Basa kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Mlati, jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 64. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji Mancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada proses pembelajaran kelas dengan penerapan pendekatan sistemik menggunakan diagram siklik yang menghubungkan konsep Asam-Basa dengan konsep kimia yang telah dipelajari siswa sebelumnya, sedangkan kelas dengan pendekatan pengorganisasian konsep menggunakan peta konsep yang menghubungkan konsep secara linier dalam satu pokok bahasan (2) tidak ada perbedaan pada kemampuan berpikir analitis dan prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan sistemik dan pendekatan pengorganisasian konsep pada kelas XI semester II SMA Negeri 1 Mlati ketika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 10 Jul 2017 07:19
Last Modified: 30 Jan 2019 14:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50625

Actions (login required)

View Item View Item