PERBANDINGAN PENERAPAN PENDEKATAN SISTEMIK DAN PENDEKATAN PENGORGANISASIAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2016/2017

NURAENI, DEWI AYU (2017) PERBANDINGAN PENERAPAN PENDEKATAN SISTEMIK DAN PENDEKATAN PENGORGANISASIAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 skripsi_Dewi%20Ayu%20Nuraeni_13303244005.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui (a) bagaimana proses pelaksanaan pendekatan sistemik dan pendekatan pengorganisasian konsep dan (b) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir analitis dan prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran kimia dengan pendekatan sistemik dan pendekatan pengorganisasian konsep, jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-Experimental dengan bentuk rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester 2 SMA N 1 Ngaglik berjumlah 77 orang dan dibagi ke dalam 3 kelas. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas pendekatan sistemik dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas pendekatan pengorganisasian konsep dengan jumlah masing-masing 26 orang. Pengujian hipotesis menggunakan analisis multi varians (mankova). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) proses pelaksanaan pendekatan sistemik dengan peta konsep (diagram) siklik yang menghubungkan materi asambasa dengan materi lain yang sudah dipelajari dan pendekatan pengorganisasian konsep dengan peta konsep linier yang menyusun konsep-konsep asam-basa dari umum ke khusus dan (b) tidak ada perbedaan kemampuan berpikir analitis dan prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran kimia dengan pendekatan sistemik dan pendekatan pengorganisasian konsep, ketika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 10 Jul 2017 06:36
Last Modified: 30 Jan 2019 14:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50622

Actions (login required)

View Item View Item