LAPORAN PPL LOKASI TK NEGERI PEMBINA GALUR KULON PROGO

RINA SAFITRI, RINA SAFITRI (2016) LAPORAN PPL LOKASI TK NEGERI PEMBINA GALUR KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13111241055_RINA SAFITRI_PG PAUD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan untuk mencari pengalaman secara langsung dan menerapkan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan. Mata kuliah PPL mengharuskan mahasiswa terjun langsung di sekolah atau instansi untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh dari materi perkuliahan dan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, khusunya mahasiswa dalam segi kualitas. Pada kegiatan PPL UNY kali ini mengambil tempat di kecamatan Galur, tepatnya di TK Negeri Pembina Galur dilaksanakan kurang lebih 2 bulan yang dimulai pada tanggam 15 Juli 2016 sampai dengan 14 September 2016. TK Negeri Pembina Galur beralamat di Padukuhan IV Klampok Brosot,Galur,Kulon Progo. TK Negeri Pembina Galur baru saja bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta khususnya Pusat Pengembangan PPL dan PKL Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta selama di tahun ini. Tahun 2016 merupakan tahun pertama bagi TK Negeri Pembina Galur sebagai tempat PPL bagi mahasiswa PG-PAUD angkatan 2013. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman mengajar secara langsung kepada mahasiswa dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya untuk dapat diterapkan dalam dunia kerja kelak selain itu kegiatan PPL bertujuan untuk menggali sebanyak-banyaknya ilmu yang ada di lingkungan sekolah secaara langsung sehingga dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Pelaksanaan PPL diawali dengan observasi lembaga pendidikan yang akan digunakan untuk PPL yaitu dengan melihat potensi yang ada disekolah tersebut yang meliputi tenaga pendidik, sarana dan prasarana, lingkungan dan bagaimana kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah tersebut, tahap pelaksanaan PPL selanjutnya, dengan melakukan pembelajaran mikro teaching agar mahasiswa siap untuk mengajar di kelas yang sesungguhnya. Kemudian, mahasiswa menempuh real pupil teaching sebagai ujian dari PPL I. Dengan real pupil teaching, mahasiswa akan menghadapi anak-anak secara langsung dan nyata untuk pertama kali. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan selama 8 kali mengajar, 4 kali mengajar terbimbing, 4 kali mengajar mandiri sekaligus ujian. Untuk dapat mengajar dengan baik, mahasiswa membuat rencana kegiatan yang kemudian dikonsultasikan pada guru agar pembelajaran berjalan dengan baik. Media maupun alat peraga yang dibuat dalam ukuran yang besar atau menggunakan benda asli agar dapat diindera oleh anak dengan baik. Dalam pembelajaran, mahasiswa dipantau oleh guru kelas dan diberi masukan ketika mahasiswa mempunyai kekurangan dalam mengajar. Masukan yang diberikan oleh tiap guru pun meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, mengajar, maupun penilaian terhadap peserta didik. Selain program pengajaran, mahasiswa juga merancang program nonpengajaran sebagai program yang mendukung pembelajaran dan kualitas sekolah. Di bidang pendidikan ada 12 program, yaitu Perapian Administrasi, Perapian Perpustakaan, Pendampingan Ekstrakurikuler, Parenting, Diskusi (Rapat), Jumat Bersih, Bimbingan PPL, Pendampingan Ekstra & Senam, Pendampingan Pentas Seni HUT RI dan Lomba HUT RI. Pada bidang lingkungan ada program, yaitu Revitalisasi Alat Main, Revitalisasi Taman Lalu Lintas, dan Penataan ruang kelas & Hias Kelas. Sedangkan pada bidang pengembangan akademik ada 2 program, yaitu parenting dan lomba memperingati HUT RI.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: TK Negeri Pembina Galur, PPL, program
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50614

Actions (login required)

View Item View Item