LAPORAN PPL LOKASI TK NEGERI PEMBINA GALUR KULON PROGO

Wahyuningsih, Wahyuningsih (2016) LAPORAN PPL LOKASI TK NEGERI PEMBINA GALUR KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13111241053_WAHYUNINGSIH_PG PAUD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mata kuliah PPL mengharuskan mahasiswa terjun langsung di sekolah atau instansi untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh dari materi perkuliahan. Mahasiswa belajar untuk merencanakan kegiatan, mengembangkan media pembelajaran untuk mengajar, melaksanakan rencana kegiatan yang telah dibuat, dan membuat alat penilaian serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. PPL I dimulai dengan pembelajaran mikro agar mahasiswa siap untuk mengajar di kelas yang sesungguhnya. Kemudian, mahasiswa menempuh real pupil teaching sebagai ujian dari PPL I. Dengan real pupil teaching, mahasiswa akan menghadapi anak-anak secara langsung dan nyata untuk pertama kali. Sekolah yang ditunjuk untuk melaksanakan PPL II adalah TK Negeri Pembina Galur yang beralamat di Padukuhan IV Klampok Brosot,Galur, Kulon Progo. TK Negeri Pembina Galur baru saja bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta khususnya Pusat Pengembangan PPL dan PKL Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta selama di tahun ini. Tahun 2016 merupakan tahun pertama bagi TK Negeri Pembina Galur sebagai tempat PPL bagi mahasiswa PG-PAUD angkatan 2013. Kegiatan yang kreatif dan baru dirancang sedemikian rupa oleh mahasiswa agar anak-anak tertarik dan mau mengikuti pembelajaran dengan baik. Media maupun alat peraga yang dibuat dalam ukuran yang besar atau menggunakan benda asli agar dapat diindera oleh anak dengan baik. Dalam pembelajaran, mahasiswa dipantau oleh guru kelas dan diberi masukan ketika mahasiswa mempunyai kekurangan dalam mengajar. Masukan yang diberikan oleh tiap guru pun meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, mengajar, maupun penilaian terhadap peserta didik. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan selama 8 kali mengajar, 4 kali mengajar terbimbing, 4 kali mengajar mandiri sekaligus ujian. Dalam pembelajaran, mahasiswa dipantau oleh guru kelas dan diberi masukan ketika mahasiswa mempunyai kekurangan dalam mengajar. Selain program pengajaran, mahasiswa juga merancang program non pengajaran sebagai program yang mendukung pembelajaran dan kualitas sekolah. Di bidang pendidikan ada 12 program, yaitu Perapian Administrasi, Perapian Perpustakaan, Pendampingan Ekstrakurikuler, Parenting, Diskusi (Rapat), Jumat Bersih, Bimbingan PPL, Pendampingan Ekstra & Senam, Pendampingan Pentas Seni HUT RI dan Lomba HUT RI. Pada bidang lingkungan ada program, yaitu Revitalisasi Alat Main, Revitalisasi Taman Lalu Lintas, dan Penataan ruang kelas & Hias Kelas. Sedangkan pada bidang pengembangan akademik ada 2 program, yaitu parenting dan lomba memperingati HUT RI.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: TK Negeri Pembina Galur, PPL, program
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jul 2017 03:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50612

Actions (login required)

View Item View Item