LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI TK NEGERI PEMBINA GALUR KULON PROGO

KRISTIYANA DEWI A, KRISTIYANA DEWI A (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI TK NEGERI PEMBINA GALUR KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13111241049_KRISTIYANA DEWI A_PG PAUD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mata kuliah PPL mengharuskan mahasiswa terjun langsung di sekolah atau instansi untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh dari materi perkuliahan. Mahasiswa belajar untuk merencanakan kegiatan, mengembangkan media pembelajaran untuk mengajar, melaksanakan rencana kegiatan yang telah dibuat, dan membuat alat penilaian serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan di TK Negeri Pembina Galur. Sekolah tersebut beralamatkan di Padukuhan IV Klampok Brosot,Galur, Kulon Progo, Yogyakarta. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan sekitar 2 bulan mulai tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. PPL I dimulai dengan pembelajaran mikro di kampus UPP 2 Fakultas Ilmu Pendidikan kemudian, mahasiswa menempuh ujian dari PPL I melalui kegiatan real pupil teaching di TK Negeri Pembina Galur. Praktik Pengalaman Lapangan II juga dilaksanakan di TK Negeri Pembina Galur. Praktik Pengalaman Lapangan II dilaksanakan selama 8 kali mengajar, 4 kali mengajar terbimbing, 4 kali mengajar mandiri sekaligus ujian PPL. Sebelum mahasiswa mengajar langsung di kelas, mahasiswa membuat rencana pelaksanakan pembelajaran harian yang kemudian dikonsultasikan pada guru pembimbing masing-masing kelas agar pembelajaran sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Kegiatan belajar dan bermain dirancang oleh mahasiswa agar anak-anak tertarik dan senang mengikuti pembelajaran di kelas. Kegiatan yang menarik dirancang sesuai dengan karakteristik anak dan tahapan perkembangan anak. Selain itu kegiatan juga harus disesuaikan dengan indikator tingkat pencapaian perkembangan anak menurut Permendiknas No 137 tahun 2014. Setelah rencana kegiatan sudah dibuat selanjutnya membuat media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran agar menarik anak usia dini namun tetap sesuai karakteritik anak. Kegiatan pembelajaran dilakukan sesuai dengan rencana pelaksanakan pembelajaran harian (RPPH) yang telah dibuat. Saat kegiatan pembelajaran, mahasiswa semaksimal mungkin menjadi guru kelas yang dapat menstimulasi seluruh aspek perkembangan meliputi aspek kognitif, bahasa, sosial emosional, nilai agama dan moral, fisik motorik dan seni. Selama kegiatan pembelajaran mahasiswa juga dipantau oleh guru kelas setelah selesai pembelajaran guru memberikan masukan berupa kritik dan saran. Program non pengajaran yang dilaksankan mahasiswa di TK Negeri Pembina Galur diantaranya ada 12 program, yaitu Perapian Administrasi, Perapian Perpustakaan, Pendampingan Ekstrakurikuler, Parenting, Diskusi (Rapat), Jumat Bersih, Bimbingan PPL, Pendampingan Ekstra & Senam, Pendampingan Pentas Seni HUT RI dan Lomba HUT RI. Pada bidang lingkungan ada program, yaitu Revitalisasi Alat Main, Revitalisasi Taman Lalu Lintas, dan Penataan ruang kelas & Hias Kelas. Sedangkan pada bidang pengembangan akademik ada 2 program, yaitu parenting dan lomba memperingati HUT RI ke-71. Kegiatan non pengajaran ini dilaksanakan di sela-sela atau setelah kegiatan pembelajaran saat mahasiswa PPL di TK Negeri Pembina Galur.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Praktik Pengalaman Lapangan ,TK Negeri Pembina Galur, Program
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jul 2017 03:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50606

Actions (login required)

View Item View Item