LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PGRI 1 SENTOLO

DANISA MAHARANI SALEH, DANISA MAHARANI SALEH (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PGRI 1 SENTOLO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL_Danisa Maharani S_13802241065.pdf

Download (832kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) mewajibkan seluruh mahasiswa menempuh mata kuliah wajib sesuai kurikulum yang dicanangkan. Salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa kependidikan adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Mata Kuliah ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang bagaimana proses pembelajaran yang sesungguhnya dan kegiatan di sekolah lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi pendidik. Mahasiswa PPL diharapkan memiliki kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu wujud Pengabdian Diri Universitas kepada Masyarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan ini dilakukan di SMK PGRI 1 SENTOLO yang terletak di Jalan Raya Sentolo KM.18, Kulon Progo. Kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan pembelajaran kelas yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah mahasiswa melakukan konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Adapun pelaksanaan PPL ini dilakukan di kelas XI AP setiap hari senin (Jam ke 1-2) Mahasiswa PPL mengampu standar kompetensi Mengelola Dasar Informasi di Tempat Kerja. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan PPL selama dua bulan di SMK PGRI 1 Sentolo ini dirasa sangat membantu mahasiswa dalam mengetahui kondisi pembelajaran di sekolah secara umum. Hasil tersebut berupa kegiatan pembelajaran siswa SMK jurusan Administrasi Perkantoran dari penerapan ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku perkuliahan. Selain itu mahasiswa dapat belajar menyusun strategi pembelajaran agar hambatan yang muncul selama pembelajaran dapat diselesaikan..

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jul 2017 01:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50597

Actions (login required)

View Item View Item