SEKOLAH DASAR NEGERI GADINGAN KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO

Septi Wijiastuti, Septi Wijiastuti (2016) SEKOLAH DASAR NEGERI GADINGAN KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lampiran 1 Denah SD Gadingan.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 2 Bagan Struktur Organisasi SD Negeri Gadingan.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 3 Data Guru.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 4 Data Siswa.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 5 Jadwal SD N Gadingan.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 6 Jadwal Mengajar.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 7 Jadwal Mengajar Mandiri.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 8 Jadwal Ujian.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 10 Catatan Mingguan.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 9 RPP.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 11 Matrik.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 12 Dana Kegiatan.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Septi Wiji Astuti (13108244045).pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 13 DOKUMENTASI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di universitas untuk diterapkan kedalam lingkungan pendidikan. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai tanggal 18 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Dalam praktik mengajar, praktikan diberi kesempatan untuk mengajar di kelas I sampai VI dengan jumlah mengajar sebanyak 10 kali yaitu 4 kali mengajar terbimbing, 4 kali mengajar mandiri, dan 2 kali ujian praktik mengajar. Dalam pelaksanaan kegiatan PPL, terdapat hambatan dan kendala, baik itu intern maupun ekstern. Hambatan dan kendala yang terjadi diantaranya dalam pengelolaan kelas cukup sulit. Ini dikarenakan banyak siswa yang ramai, akan tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan memberi perhatian khusus pada siswa yang ramai. Dari pelaksanaan kegiatan PPL di SD Negeri Gadingan dapat disimpulkan, bahwa kegiatan ini dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan ketrampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : mengajar, PPL, SD Negeri Gadingan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jul 2017 01:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50592

Actions (login required)

View Item View Item