Rikha Setyati Hardiningrum, Rikha Setyati Hardiningrum (2016) SEKOLAH DASAR NEGERI GADINGAN KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Rikha Setyati Hadiningrum (13108244021).pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan universitas yang mengutamakan kemajuan dalam sektor pendidikan. Dimana dalam pengembangannya masih tetap mempertahankan dan terus mengembangkan tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan sehingga menjadi tenaga pendidik yang profesional. Demi terwujudnya generasi pendidik yang profesional UNY memberikan bekal berupa pengetahuan dan keterampilan dalam duniakependidikan, salah satunya dengan dilaksanakan serangkaian mata kuliah yang salah satunya adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Hal ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. PPL dilaksanakan di SD Negeri Gadingan, Wates, Kulon Progo dimulai pada tanggal 18 Juli sampai 15 September 2016. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL ini adalah mengajar di kelas. Program kerja PPL diawali dengan kegiatan observasi baik fisik maupun nonfisik yang meliputi perangkat pembelajaran, pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan kondisi lembaga. Praktikan menyusun perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, beserta kelengkapan pembelajaran lain. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, maka mahasiswa menyusun perangkat persiapan pembelajaran, praktik mengajar terbimbing, menyusun dan mengembangkan alat evaluasi, menerapkan inovasi pembelajaran, mempelajari dan membantu administrasi guru, pengembangan media, dan kegiatan lain yang menunjang kompetensi mengajar. Secara umum program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilasanakan. Demi kelancaran dalam proses pembelajaran praktika selalu berkonsultasi dengan guru pembimbing dan mencari solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan selama kegiatan PPL.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci :PPL, SD Negeri Gadingan, UNY |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 00:51 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50590 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |