LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Yahya Wahyuningsih, Yahya Wahyuningsih (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
YAHYA WAHYUNINGSIH_13101241013_MP_FIP.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan mahasiswa yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan. Dengan bekal yang sudah didapatkan dari dunia perkuliahan mahasiswa diajarkan untuk merasakan suasana kerja secara nyata di lembaga berdasarkan latar belakang keilmuannya, kegiatan PPL ini bertujuan untuk menjadikan mahasiswa menjadi pribadi yang cakap dan professional. Mahasiswa disini mengambil judul program “Pembuatan Grafik Tingkat Pencapaian Standar Pelayanan Minimal di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2015 Se-Kabupaten Kulon Progo”. Tujuan dari program ini adalah memberikan gambaran terkait ketercapaian dari SMP se kabupaten Kulon Progo terhadap indikator-indikator SPM. Dalam pelaksanaan program, dibagi menjadi tiga tahapan yang meliputi tahap persiapan yang meliputi konfirmasi program sekaligus pemantapan program dengan pihak seksi kurikulum dan pengendalian mutu pendidikan SMP, pengumpulan data yang berkaitan dengan pembuatan grafik, pengecekan ulang terkait data yang sudah terkumpul. Tahap pelaksanaan meliputi, memilih data yang berkaitan dengan SPM di SMP sekaligus memasukkan data ke dalam microsoft excel, mendesain grafik agar mudah dipahami (komunikatif), memasukkan desain ke bagian percetakan, menempel grafik ke dinding bagian kurikulum SMP. Tahap terakhir evaluasi dan tindak lanjut meliputi evaluasi program dan tindak lanjut program. Selain melaksanakan program utama, mahasiswa juga melaksanakan program penunjang berupa struktur organisasi, visi dan misi, tupoksi, kode etik, serta SOP, serta melaksanakan program tambahan yang sifatnya insidental serta bertujuan membantu pekerjaan dari seksi dan dinas tempat mahasiswa melaksanakan PPL. Hasil dari program PPL ini adalah grafik terkait tingkat ketercapaian seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Kulon terhadap indikator-indikator SPM dan hasilnya berupa lembaran poster yang nantinya akan ditempel. Program ini berjalan dengan baik dan selesai dengan baik. Kekurangan program ini yaitu belum terpasangnya grafik ke dinding dikarenakan akan dikoordinasikan terlebih dulu ke bagian seksi sarana prasarana. Hal tersebut dilakukan karena grafik lebih pas dipasang di bagian sarana prasarana.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, grafik, SPM, SMP.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 07 Jul 2017 07:13
Last Modified: 07 Jul 2017 07:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50576

Actions (login required)

View Item View Item