LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Kunti Indriana Lestari, Kunti Indriana Lestari (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
KUNTI INDRIANA_13101241028_MP_FIP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan mahasiswa yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan. Dengan bekal yang sudah didapatkan di perkuliahan mahasiswa diajarkan untuk merasakan bagaimana suasana kerja secara nyata di lembaga berdasarkan latar belakang keilmuannya, kegiatan PPL ini bertujuan untuk menjadikan mahasiswa menjadi pribadi yang handal dan professional. Mahasiswa disini mengambil judul program “Pengembangan Data Lembaga Kursus dan Pelatihan dan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Se-Kabupaten Kulon Progo. Tujuan dari program ini adalah memberikan update terbaru akan data lembaga pendidikan nonformal di Kabupaten Kulon Progo. Di dalam laporan ini terdapat 3 tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan dengan melakukan koordinasi dan konsultasi, merancang format database serta menyiapkan data mentah. Kemudian, untuk tahap pelaksanaan sendiri yaitu melakukan pengecekan kembali instrument/data instrument yang akan direkap, menyortir data, entry data, pengecekan ulang, menyimpan data. Sedangkan pada tahap terakhir yaitu tahap evaluasi, pada tahap evaluasi yang dilakukan untuk memastikan data yang sudah di-entry dengan data mentah, menyajikan hasil, membuat laporan, mensosialisasikan, lalu mengevaluasi program melalui kritk dan saran. Hasil dari program PPL ini adalah database mengenai PKBM dan LKP se-Kabupaten Kulon Progo yang disajikan dalam bentuk Microsoft Excel serta dalam buku sebagai arsipnya. Program ini berjalan dengan baik dan selesai dengan baik dengan diterimanya softfille serta hardfile oleh Kepala Seksi. Kekurangan program ini adalah tidak lengkapnya data dan mahasiswa lupa mencantumkan identitas mahasiswa serta universitas, kepala bidang, dan kepala seksi yang dapat digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban dan hak cipta. Tindak lanjut hasil program ini adalah pencarian data yang belum lengkap dengan cara menghubungi lembaga yang belum mengumpulkan data serta mencari instrument yang hilang. Database ini selanjutnya dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan Seksi Pendidikan Masyarakat Kursus dan Pelatihan Bidang PAUDNI, Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo Unit II. Program ini hendaknya ditindaklanjuti demi kelancaran tugas seksi yang memiliki kekurangan dalam hal pendataan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, database, pendidikan masyarakat.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Jul 2017 06:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50571

Actions (login required)

View Item View Item