RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Di Sususn Untuk Memenuhi Tugas Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) SD Negeri 3 Pengasih

Mahli marlin Yensenem, Mahli marlin Yensenem (2016) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Di Sususn Untuk Memenuhi Tugas Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) SD Negeri 3 Pengasih. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13604229001 - MAHLI MARLIN YENSENEM - PJSD - SDN 3 PENGASIH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan guna memberikan kesempatan kepada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang pendidikan maupun sebagai upaya persiapan untuk terjun ke dalam kehidupan masyarakat. PPL ini dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 – 15 September 2016. Kegiatan PPL dimaksudkan untuk memberikan pengalaman belajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memahami keadaan atau kondisi sekolah dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Selain itu, kegiatan PPL juga memberikan kesempatan kapada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan, keterampilan, nilai, sikap dan kemampuan yang dimiliki dalam kegiatan pembelajaran. PPL dilaksanakan di SD Negeri 3 Pengasih, Pengasih, Pengasih, Kulon Progo dimulai tanggal 15 Juli 2016 – 15 September 2016. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL ini adalah mengajar di kelas. Program kerja PPL diawali dengan kegiatan observasi baik fisik maupun non fisik yang meliputi perangkat pembelajaran, pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan kondisi sekolah. Mahasiswa PPL menyusun perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran , serta kelengkapan pembelajaran lan. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa PPL adalah 4 kali praktik mengajar terbimbing, 4 kali praktik mengajar mandiri, dan 2 kali praktik ujian mengajar. Kegiatan pembelajaran dilakukan di kelas tinggi dan kelas rendah. Berdasarkan pelaksanaan PPL di SD Negeri 3 Pengasih, Pengasih, Pengasih, Kulon Progo, mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi mengajarnya sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Selain itu, pelaksanaan PPL juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar atau mengenal segala permasalahan yang ada di sekolah terkait proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran maupun administrasi sekolah, memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan serta nilai sikap yang dimiliki maupun dipelajari dalam kehidupan sekolah. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yaitu SD Negeri 3 Pengasih, Pengasih, Pengasih, Kulon Progo.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, SD Negeri 3 Pengasih, Universitas Negeri Yogyakarta.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Jul 2017 06:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50565

Actions (login required)

View Item View Item