LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Annisa Rizki Purwani, Annisa Rizki Purwani (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13202241018 - ANNISA RIZKI P - PEND. BHS INGGRIS.pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Mata kuliah ini menjadi syarat kelulusan dalam menyelesaikan gelar sarjana kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) juga merupakan langkah untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Selain itu, PPL juga berfungsi sebagai wadah dalam mengembangkan kompetensi mengajar bagi mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan, serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan juga keterampilan yang dimiliki dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan PPL dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sentolo, yang berlokasi di Dusun Malangan, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan PPL ini berlangsung selama 9 minggu, terhitung dari tanggal 18 Juli hingga tanggal 15 September 2016. Dalam pelaksanaanya, berbagai program kegiatan PPL telah berhasil dilaksanakan. Kegiatan tersebut diantaranya adalah praktik mengajar, penyusunan administrasi guru, piket guru, konsultasi dengan guru pembimbing, pendampingan mengajar, menyusun dan mengoreksi soal, tugas dan ulangan harian, konsultasi dengan DPL PPL, pembuatan laporan PPL, pendampingan latihan gerak jalan/tonti, dan upacara bendera. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan membawa manfaat bagi mahasiswa PPL, manfaat itu diantaranya memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Selain itu, PPL juga bermanfaat dalam memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah serta menerapkan berbagai ilmu pengetahuan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah. Diharapkan melalui kegiatan PPL tersebut, mahasiswa dapat mengembangkan berbagai kompetensi yang dimiliki.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kegiatan, Pelaksaanaan, Manfaat PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Jul 2017 01:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50531

Actions (login required)

View Item View Item