KECENDERUNGAN MENGGAMBAR JENIS MOTIF HIAS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 CUCUKAN, PRAMBANAN, KLATEN, JAWA TENGAH

Lizbeth, Melinda Manik (2017) KECENDERUNGAN MENGGAMBAR JENIS MOTIF HIAS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 CUCUKAN, PRAMBANAN, KLATEN, JAWA TENGAH. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
full.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis motif hias yang menjadi kecenderungan peserta didik kelas V SD Negeri 2 Cucukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data berupa kata-kata dan hasil tindakan yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik keals V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan cara ketekunan peneliti dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan menggambar jenis motif hias pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Cucukan yaitu (1) motif tumbuhan oleh 16 peserta didik (51,6%), yang terdiri dari 15 peserta didik perempuan dan 1 peserta didik laki-laki, (2) motif hewan (29%) yang terdiri dari 7 peserta didik laki-laki dan 2 peserta didik perempuan, (3) motif manusia (16,1%) yang semua adalah peserta didik laki-laki, dan motif geometris (3,2%) oleh 1 peserta didik laki-laki.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 07 Jul 2017 01:24
Last Modified: 30 Jan 2019 14:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50528

Actions (login required)

View Item View Item