Rr. Dita Arviananda, Rr. Dita Arviananda (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 2 PENGASIH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
14_13505241039_RR Dita Arviananda_PTSP.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan studi dan memperoleh gelar sebagai Sarjana Pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. PPL Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2016 yang berlokasi di SMK Negeri 2 Pengasih telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Tujuan utama dari kegiatan PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang nyata dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi. Sebelum pelaksanaan PPL di sekolah, terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan observasi. Observasi ini dilakukan sebagai tolak ukur dalam perumusan program PPL yang akan dilaksanakan, mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, mengetahui karakter siswa, dan mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Begitu pula dengan kegiatan konsultasi atau bimbingan dengan guru pembimbing dilakukan dalam rangka persiapan pelaksanaan PPL. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di dua kelas, yaitu kelas XI TGB 1 dengan mata pelajaran Gambar Desain Interior dan Eksterior Bangunan Gedung dan kelas XII TGB dengan mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung di dalam kelas dan berjalan lancar, walaupun sesekali terdapat kendala dalam mengatasi siswa yang cenderung sendiri. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun non mengajar. Dari pengalaman mengajar, mahasiswa memperoleh pengalaman situasi dan kondisi nyata dalam kelas dengan berbagai permasalahan yang terjadi. Sementara dari pengalaman non mengajar mahasiswa dihadapkan untuk mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Semua pengalaman ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat khususnya di dunia pendidikan di masa yang akan datang.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : PPL, SMK N 2 Pengasih, Gambar Desain Interior dan Eksterior Bangunan Gedung, Gambar Konstruksi Bangunan |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 06 Jul 2017 08:46 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50519 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |