Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X Semester 2 SMA Negeri 11 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017

Sakinah, Cut Aulia Nora (2017) Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X Semester 2 SMA Negeri 11 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 13303244006_Cut%20Aulia%20Nora%20Sakinah_Pendidikan%20Kimia.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keterampilan proses sains peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan kelas yang tidak menggunakan model disocvery learning jika nilai UAS dikendalikan secara statistik. Discovery learning merupakan model yang melibatkan peserta didik secara langsung dalam proses menemukan konsep. Diterapkannya model discovery learning pada proses pembelajaran akan menumbuhkan keterampilan proses sains peserta didik. Keterampilan proses sains merupakan keterampilan ilmiah yang terarah untuk menemukan dan mengembangkan konsep. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Two-group Post-Test Only Design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara area purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 11 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian terdiri dari 62 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model discovery learning, sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan model discovery learning, melainkan model kooperatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu soal, observasi, dan angket. Instrumen yang digunakan yaitu skala penilaian, soal, dan daftar pernyataan. Data penelitian dianalisis dengan uji ANAKOVA (Analisis Kovarian). Hasil uji Anakova menunjukkan bahwa p = 0.493 sehingga tidak ada perbedaan signifikan keterampilan proses sains peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan kelas yang tidak menggunakan model disocvery learning. Namun, berdasarkan hasil lembar observasi dan angket menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, penggunaan model discovery learning mampu meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dengan baik meskipun tidak secara signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 06 Jul 2017 08:44
Last Modified: 30 Jan 2019 14:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50518

Actions (login required)

View Item View Item