LAPORAN INDIVIDU PRAKTIKPENGALAMANLAPANGAN(PPL) LOKASI SMK NEGERI 2 PENGASIH

Malam Saptoro, Malam Saptoro (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIKPENGALAMANLAPANGAN(PPL) LOKASI SMK NEGERI 2 PENGASIH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13_13505241038_Malam Saptoro_PTSP.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2016 yang berlokasi di SMK Negeri 2 Pengasih telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Tujuan utama dari kegiatan PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang nyata dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi. Sebelum pelaksanaan PPL di sekolah, terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan observasi. Observasi ini dilakukan sebagai tolak ukur dalam perumusan program PPL yang akan dilaksanakan, mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, mengetahui karakter siswa, dan mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Begitu pula dengan kegiatan konsultasi atau bimbingan dengan guru pembimbing dilakukan dalam rangka persiapan pelaksanaan PPL. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di dua kelas, yaitu kelas X TKKY dengan mata pelajaran Ukur Tanah dan kelas XI TKKY mata pelajaran Finishing Kontruksi Kayu. Dari keseluruhan praktik mengajar praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 7 kali tatap muka untuk mata pelajaran Ukur Tanah, dan 8 kali tatap muka untuk mata pelajaran Finishing Kontruksi Kayu. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain adalah persiapan administrasi mengajar, melakukan praktik mengajar dan evaluasi hasil belajar. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun non mengajar. Dari pengalaman mengajar, mahasiswa memperoleh pengalaman situasi dan kondisi nyata dalam kelas dengan berbagai permasalahan yang terjadi. Sementara dari pengalaman non mengajar mahasiswa dihadapkan untuk mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Semua pengalaman ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat khususnya di dunia pendidikan di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, SMK N 2 Pengasih
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Jul 2017 08:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50517

Actions (login required)

View Item View Item